Lawan COVID, Pemerintah Dorong Peran Tokoh Nonformal

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo/ Foto: Acuantoday.com

Acuantoday.com, Jakarta- Peran tokoh nonformal seperti tokoh agama dan budayawan sangat penting dalam menanggulangi penyebaran pandemi virus corona atau COVID-19.

Pemerintah berharap melalui tokoh agama dan budayawan, penanganan COVID-19 lebih optimal dan meningkatkan disiplin warga dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Pelibatan tokoh nonformal, agama, budayawan, menjadi bagian tidak terpisahkan untuk meningkatkan perubahan perilaku, kesadaran meningkatkan disiplin,” kata Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (14/9/2020).

Doni menjelaskan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 sudah dikeluarkan dalam rangka menjamin kepastian hukum dan meningkatkan efektivitas pencegahan dan pengendalian COVID-19.

“Masalah penegakan, kita butuh konsistensi aturan dan sudah terbit Inpres Nomor 6/2020,” kata Doni yang juga Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat.

Intruksi yang terbit pada 4 Agustus 2020 itu mencakup instruksi untuk melakukan koordinasi dan sinkronisasi dalam melakukan peningkatan disiplin dan penegakan protokol kesehatan, sosialisasi dan pengawasan penerapan protokol kesehatan, penetapan peraturan daerah mengenai penerapan protokol kesehatan, serta penyediaan sarana dan prasarana pendukung penerapan protokol kesehatan.(ato)

Comments

comments