Legislator Dukung Pemangkasan Libur Nasional

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melkiades Laka Lena. (Foto : Antara)

Acuantoday.com, Jakarta – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melkiades Laka Lena mengatakan, kebijakan Pemerintah soal pemangkasan jumlah libur nasional pada Hari Raya Idul Fitri 2021, dari tujuh hari menjadi dua hari harus didukung oleh semua pihak dalam menekan penyebaran Covid-19.

“Kebijakan yang diambil pemerintah itu tidak populer. Tapi langkah tersebut mesti diambil pemerintah karena Indonesia masih melawan pandemi Covid-19,” kata Melki kepada wartawan, Selasa (23/2).

Menurut Melki Laka Lena ini, langkah Pemerintah memangkas libur nasional semata-mata untuk mengurangi aktivitas masyarakat saat libur nanti, terutama aktivitas mudik Idul Fitri.

“Prinsip untuk kita mencegah dan meminimalisir Covid-19 adalah dengan mencegah orang untuk berkerumun, berkumpul dalam jumlah besar atau banyak pada waktu tertentu,” ucapnya.

Diharapkan politisi Partai Golkar ini, dengan pemangkasan jumlah hari libur nasional Idul Fitri ini, angka penularan Covid-19 terus menurun. Ini juga untuk mempertahankan kondisi kurva penularan terus melandai saat ini.

“Kebijakan Pemerintah semacam ini tentu potensi kenaikan kasus yang biasanya terjadi, dan liburan panjang akan mereda atau berkurang,” harapnya.

Diketahui, Pemerintah lewat Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga Menteri telah menyepakati, dan menetapkan perubahan cuti bersama tahun 2021. Pemangkasan libur nasional Idul Fitri ini tertuang dalam SKB Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 281 Tahun 2021, Nomor 1/2021, Nomor 1/2021 tentang Perubahan Atas Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 642/2020, Nomor 4/2020, Nomor 4/2020 Tentang Hari libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2021. (rht)

Comments

comments