Legislator Minta Kapolri Terpilih Mengganti Diksi PamSwakarsa

Seragam Polri yang yang dikenakan anggota Plri nantinya akan mirip dengan seragam satuan pengaman (satpam) Pam Swakarsa/Foto: Antara

Acuantoday.com, Jakarta- Salah satu program aksi Kapolri terpilih, Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo adalah menghidupkan kembali Pam Swakarsa.

Anggota DPR RI, Sarifuddin Sudin mengatakan dapat memahami keinginan Komjen Sigit tersebut, namun ia mengusulkan sebaiknya penggunaan diksi Pam Swakarsa diganti karena memiliki konotasi negatif pasca peristiwa kerusuhan tragedi tahun 1998.

“Saya kira diksi yang selalu mengingatkan kita pada kejadian 1998 sehingga konotasinya kurang bagus dan karenanya perlu digunakan diksi lain,” kata Sudin kepada kepada wartawan, Kamis (21/1).

Dikatakan Sudin, dirinya memahami maksud baik Listyo Sigit dalam program Pam Swakarsa, namun bagi dia penggunaan diksi tersebut dapat mengingatkan kejadian masa lalu.

“Pam Swakarsa dalam konteks untuk pelibatan masyarakat dalam menjaga harkamtibmas bukan Pam Swakarsa yang dipersenjatai,” ucapnya.

“Saya kira ini langkah yang bagus saat masyarakatnya taat hukum, dan karenanya polisi ke depan harus mengedepankan langkah-langkah persuasif dan humanis dalam melaksanakan tugas-tugas di lapangan,” tambahnya.

Menurut Anggota Fraksi Partai Amanat Nasional Ini, program Pam Swakarsa ini sebagai satu langkah untuk memberikan pelayanan baik dan mendapat kepercayaan dari masyarakat.

“Ini adalah rangka reformasi kultural di institusi kepolisian sehingga mendapat publik trust atau kepercayaan publik,” jelasnya.

Sebelumnya, dalam pemaparan Listyo Sigit dalam uji kelayakan atau fit and proper test pada, Rabu (20/1) di Komisi III DPR RI, dirinya menyebut Pam Swakarsa perlu diaktifkan, maka dihidupkan kembali tersambung dengan teknologi informasi. (rht)

Comments

comments