Lezatnya ‘Black Salmon dengan Garlic Lemon Butter Sauce’, Ini Resepnya

‘Black Salmon dengan Garlic Lemon Butter Sauce’ kreasi Chef Vindex---foto instagram chefvindextengker

Acuantoday.com— Ikan yang mengandung gizi tinggi bisa dijadikan aneka masakan lezat. Pasti semua orang tahu ini. Dari mulai bumbu sederhana sampai yang rumit, dilakukan untuk menambah kekayaan rasa ikan. Nah kali ini Chef Vindex Tengker membagikan resep memasak ikan yang unik, ‘Black Salmon dengan Garlic Lemon Butter Sauce’.

Black Salmon adalah nama sebutan untuk ikan King Cobia. Disebut Black Salmon karena tampilan luar dan delicate-nya mirip dengan Salmon. Hanya saja warna dagingnya beda dengan Salmon yang orange, sedang King Cobia dagingnya berwarna putih. Warna daging lebih mirip Seabass/Cod, lembut kalau dimakan dan tidak mudah hancur ketika dimasak.

Nah untuk masak menu ini, kita tidak perlu repot menyediakan aneka bumbu. Cukup garlic, lemon dan butter saja. Yang penting rasanya enak. “Masak ikan paling gampang guys. Nggak perlu banyak bumbu,” tulis Chef Vindex di akun instagramnya.

Bahan:

2 x 160 g King Cobia fillet

1/2 sdt garam
1/2 sdt merica hitam
2 sdm olive oil extra virgin
1 sg bawang putih, cincang
60 ml kaldu ayam
2 sdm lemon juice
60 g unsalted butter
1/2 sdt madu
2 sdm daun peterseli cincang
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica putih / lada

Cara Membuat:

Siapkan air mendidih beri garam, masukkan pakcoy. Jangan lama-lama cukup 2-3 menit. Ini tujuannya selain membersihkan sayuran, juga jika nanti ditumis bisa menjadi lebih mudah dan warna sayur tidak berubah. Karena biasanya kalau kita langsung menumis tanpa melalui proses blanching, maka warna sayur akan berubah. Setelah blanching, angkat pakcoy, dinginkan.

Kemudian kita mengerjakan ikannya. Taruh King Cobia fillet di wadah. Kemudian balur dengan garam, setelah itu taburi dengan merica hitam (Boleh juga jika Anda suka merica putih). Setelah itu balur lagi ikan dengan olive oil extra virgin.

Siapkan panci, panaskan. Setelah masukkan ikan yang sudah dibalur itu ke panci yang sudah panas. Ikan jangan sering dibolak-balik. Tunggu 1-2 menit baru di balik. Tujuannya agar mendapatkan browing yang pas.

“Memasak King Cobia, memag sengaja tidak bersama kulitnya, tapi fillet saja. Karena kulit King Cobia keras,” jelas Chef Vindex sambil menambahkan masak fillet sekitar 6-7 menit saja, jangan over cook.

Membuat Butter Saus:

Sekarang kita membuat saus. Ambil butter 1 sendok teh, tumis bawang putih 1 siung sebentar saja. Jangan sampai terlalu berwarna yang penting sudah harum.

Kemudian tuangkan 60 ml kaldu ayam. Kita beri 2 sendok makan lemon. Masak sampai turun setengah. Kemudian beri merica putih dan kecilkan api.

Masukkan butter sisanya, matikan api. Aduk-aduk kemudian masukkan madunya. Aduk lagi sampai butter dan semua tercampur rata. Beri garam sedikit dan merica putih. Taburkan 2 sdm daun peterseli cincang

Tumis pakcoy yang sudah didinginkan kemudian masukkan tomat, kasih sedikit garam. Jangan lama. Selesai, saus siap digunakan untuk ikan yang sudah siap santap.***dian

Comments

comments