Lezatnya ‘Sup Kacang Hijau’ Ditaburi Bacon Matang

Sup Kacang Hijau-- Credit: Antonis Achilles; Food Styling: Ana Kelly; Prop Styling: Prissy Lee/myrecipes.com

Acuantoday.com— Kalau membaca title tulisan ini bisa jadi kalian tidak penasaran. ‘Sup Kacang Hijau’, masakan biasa bagi kebanyakan orang Indonesia. Ini memang masakan rumahan bagi kebanyakan kita, namun jangan salah lho, resep yang akan dibagikan ini bukan ‘Sup Kacang Hijau’ yang biasa kita santap tapi ini sup kreatif. Kita bisa mencobanya juga untuk menambah pengetahuan tentang variasi Sup Kacang Hijau.

Resep ini ditulis Liz Mervosh yang dipublikasi di laman MyRecipes yang terkenal sebagai gudangnya resep masakan.

“Sup kacang hijau kami sebenarnya terinspirasi dari casserole kacang hijau: Ada krim kental yang kaya dari sup jamur dengan tambahan kacang di bagian akhir. Ini sup sangat enak, terutama untuk musim dingin. Sebaiknya gunakan kacang hijau beku daripada yang segar. Karena kacang segar akan memiliki tekstur yang tidak enak. Sajikan dengan topping crème fraiche, bawang goreng crispy, keju parut, dan suwir ayam,” tulis Liz Mervosh di MyRecipes.

Bahan-bahan :

½ pon irisan daging tengah (sekitar 9 irisan), cincang (sekitar 1 1/4 cangkir)

2 (8 ons) pkg. irisan jamur cremini segar

1 bawang bombay ukuran besar (8 ons), cincang (sekitar 1 1/2 cangkir)

½ sendok teh garam kosher

¼ sendok teh lada hitam

1 sendok makan bawang putih cincang halus (dari 3 siung bawang putih ukuran sedang)

1 sendok makan daun thyme segar

6 sendok makan (sekitar 1 3/4 oz.) Tepung serbaguna

6 cangkir kaldu ayam

1 pon kentang Emas Yukon, potong 1/2-in. kubus (3 cangkir)

1 (12 ons) pkg. kacang hijau beku dalam kantong

½ cangkir krim kocok kental

Cara Membuat:

Langkah 1

Masak bacon dalam wajan besar di atas api sedang, aduk sesekali, sampai garing, sekitar 8 menit. Pindahkan bacon ke piring yang dilapisi dengan handuk kertas; simpan tetesan di wajan. Tambahkan jamur, bawang, garam, dan merica ke dalam wajan; Masak sambil diaduk sesekali sampai jamur berwarna kecoklatan, kurang lebih 12 menit.

Aduk bawang putih dan timi; masak sambil diaduk sampai bawang putih agak lunak, sekitar 1 1/2 menit. Taburkan tepung di atas adonan, aduk terus sampai tidak ada bintik tepung yang tersisa. Masukkan kaldu ayam, keruk bagian yang sudah kecokelatan dari dasar wajan. Didihkan dengan api besar. Kurangi panas menjadi sedang; didihkan, aduk sesekali, sampai sup agak mengental, sekitar 10 menit. Angkat.

Langkah 2

Dengan menggunakan sendok berlubang, pindahkan 3 cangkir sup ke dalam blender. Tutup rapat blender, dan lepas bagian tengah agar uap keluar. Letakkan handuk bersih di atas bukaan. Proses hingga halus, sekitar 15 detik; aduk kembali ke dalam wajan.

Langkah 3

Aduk kentang ke dalam sup di wajan; kembalikan panas ke tinggi, dan didihkan. Kurangi panas menjadi sedang; didihkan, aduk sesekali, sampai kentang empuk, 20 sampai 25 menit. Aduk kacang hijau dan krim; masak, tidak diganggu, sampai buncis matang merata, sekitar 3 menit. Bagi sup secara merata di antara 6 mangkuk dangkal; taburi dengan bacon matang.***dian

 

 

 

Comments

comments