Libur Imlek, Pemda DIY Razia Wilayah Perbatasan

Koordinator Bidang Penegakan Hukum Satgas Covid-19 DIY, Noviar Rahmad.. (Foto : Chaidir/Acuantoday.com)

Acuantoday.com, Yogyakarta- Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan melakukan penjagaan ketat di perbatasan dengan Jawa Tengah pada masa liburan akhir pekan Tahun Baru Imlek.

Penjagaan sekaligus razia bagi setiap kendaraan luar DIY dilakukan pada 12 – 14 Februari oleh tim gabungan yaitu unsur Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DIY, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Ditlantas Polda DIY di tiga titik perbatasan masuk wilayah DIY.

Menurut Koordinator Bidang Penegakan Hukum Satgas COVID-19 DIY, Noviar Rahmad, selain di perkampungan, pengetatan mobilitas kendaraan di perbatasan wilayah DIY juga dilakukan bidang penegak hukum Satgas Covid-19 DIY.

Beberapa titik perbatasan DIY yang akan dijaga oleh petugas yakni wilayah Timur di kawasan Prambanan Jalan Solo – Yogyakarta, sisi Utara di Kecamatan Tempel Sleman – Magelang, dan di sisi Barat yakni Wates-Purworejo.

“Penjagaan ini untuk antisipasi mudik saat perayaan Imlek. Jadi kami sudah koordinasi dengan Dishub DIY dan pihak Kepolisian,” katanya Noviar, Senin (8/2/2021).

Noviar menjelaskan, para pengendara dari luar DIY akan dimintai surat keterangan negatif hasil rapid test antigen. Begitu juga bagi masyarakat dari DIY yang hendak bepergian keluar kota, wajib menunjukkan surat keterangan negatif hasil rapid test antigen kepada petugas.

“Kami akan merazia pengguna kendaraan baik yang masuk maupun keluar. Nanti akan kami minta surat hasil rapid test antigen,” tambahnya.

Sementara bagi yang tidak membawa surat keterangan hasil rapid test antigen, pihak Satpol PP dan Dishub DIY akan mengupayakan pengadaan sarana untuk pelaksanaan rapid test antigen di tempat.

“Kalau rapid test antigen masih akan kami upayakan dengan Dishub,” tegasnya. (Chaidir)

Comments

comments