Libur Lebaran, DIY akan Gelar Razia Surat Covid-19 di Perbatasan

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji.

Acuantoday.com, Yogyakarta – Libur Lebaran pada 6-17 Mei mendatang,
Pemda DIY merencanakan akan menggelar pemeriksaan surat bebas Covid-19 di titik-titik perbatasan, terhadap kendaraan yang memasuki maupun keluar wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengemukakan, meski hingga saat ini pemerintah pusat belum menerbitkan aturan terkait skema pelarangan mudik saat libur Lebaran 2021. Namun pihaknya berinisiatif untuk melakukan pemeriksaan surat bebas Covid-19 di wilayah perbatasan, mulai dari kawasan Tempel dan Prambanan di Kabupaten Sleman serta di Temon Kulonprogo.

“Intinya kalau tidak diatur pemerintah pusat secara rigid kita akan lakukan dengan cara acak seperti biasanya,” kata Aji, Kamis (8/4/2021).

Pengecekan dilaksanakan dengan berkoordinasi dengan Pemprov Jateng untuk mengoptimalkan pengawasan meski pengecekan dilakukan secara acak. Sama seperti pelaksanaan sebelumnya, pengecekan dilakukan dengan skema acak.

Kendaraan pribadi maupun umum yang tak sanggup menunjukkan surat negatif antigen tak diperkenankan untuk melintas.

“Karena tidak mungkin nyegat semua orang. Jadi sampling saja supaya kita tidak kewalahan. Dilakukan dengan cara bekerja sama dengan tetangga kita dari Jawa Tengah. Supaya nanti bisa berbagi untuk lakukan pengawasan,” kata Aji. (Chaidir)

Comments

comments