Libur Nataru Diprediksi Dongkrak Kenaikan Penumpang YIA sebesar 25%

Dokumentasi - Bandara Internasiobal Yogyakarta/Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprog, DI Yogyakarta.(Foto : Chaidir)

Acuantoday.com, Yogyakarta- Liburan panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020 akan berdampak pada meningkatnya jumlah penumpang yang masuk melalui Bandara Internasiobal Yogyakarta/Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo. Diprediksi jumlah penumpang akan mengalami kenaikan mencapai 25 persen.

“Prediksi kami ada kenaikan sekitar 25 persen,” kata PTS General Manager YIA Bambang Triyono kepada wartawan, Selasa (15/12).

Ia menjelaskan, saat ini jumlah penumpang pulang pergi (PP) di YIA berkisar 4.000 orang perhari. Memasuki Desember 2020, jumlahnya naik hingga 8.000 penumpang perhari. Berdasarkan hal itu pihaknya memprediksi pada momen libur Nataru yang berlangsung pada pekan depan bakal terjadi kenaikan lagi sampai 25 persen.

“Untuk arus balik juga sama, memang di Yogya ini cukup menarik ya, kedatangan itu biasanya meningkat di hari Jumat, kemudian kembalinya Minggu. Nah mungkin nanti di masa Nataru saat awal liburan ada peningkatan, lalu meningkat lagi saat arus balik di akhir liburan,” ujarnya.

Bambang mengatakan, jika prediksi itu benar terjadi, maka perkiraan jumlah penumpang yang datang dan pergi selama Nataru berkisar 10.000 orang. Ia memastikan jumlah itu tidak akan jadi soal, karena dari segi luasan bandara ini dipastikan dapat menampung mereka semua.

Ia juga memastikan siap memberikan layanan terbaik kepada para pengguna jasa penerbangan. Seluruh stakeholder terkait telah dikomunikasikan soal ini agar bersiap menyambut kedatangan penumpang. Dalam pelaksanaannya nanti pihaknya juga tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Terkait dengan ketersediaan maskapai yang melayani penumpang di masa nataru, Bambang mengatakan sampai saat ini belum ada maskapai yang mengajukan ekstra flight atau penerbangan tambahan.

“Belum ada ekstra flight, tapi kami tetap siap, karena slot [penerbangan] di sini sangat longgar,” ujarnya. (Chaidir)

Comments

comments