Listyo Sigit Serahkan Rencana Strategi Kebijakan Polri, Ini Harapan DPR

Kabareskrim Polri buka kemungkinan rekonstruksi insiden penembakan 6 Laskar FPI bisa berlanjut. Foto: Acuantoday.com (Rohman Wibowo)

Acuantoday.com, Jakarta―Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry memastikan, Selasa (19/1) hari ini, sekitar pukul 15:00 WIB, calon Kapolri Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo akan menyerahkan makalah terkait arah kebijakan yang relevan dengan upaya mitigasi atas ancaman yang muncul terhadap keamanan nasional seiring pesatnya perkembangan teknologi informasi.

“Rencananya hari ini pukul 15.00 WIB, tim ahli dari calon Kapolri akan menyerahkan makalah calon Kapolri kepada Komisi III yang isinya merupakan arah serta kebijakan Kapolri ke depan. Makalah ini akan dipelajari anggota Komisi III sebagai bahan untuk uji kelayakan dan kepatutan,” kata Herman dalam keterangan tertulisnya, Selasa (19/1).

Politisi asal Nusa Tenggara Timur (NTT) ini berharap, isi makalah yang diajukan oleh Kabareskrim Polri ini selaras dengan tantangan nasional yang dihadapi oleh bangsa saat ini, salah satunya adalah perkembangan teknologi informasi dalam memasuki revolusi industri 4.0. Bahkan mampu membangun sistem teknologi dan digitalisasi data dalam pelaksanaan fungsi kamtibmas serta pelayanan publik.

“Kami berharap ke depan ada perubahan paradigma bahwa kinerja petugas Kepolisian sebagai aparat penegak hukum tidak melulu diukur dari banyaknya tersangka yang diajukan ke pengadilan dan dijatuhi hukuman,” ucapnya.

Politisi PDI Perjuangan ini menyarankan agar Komjen Pol. Listyo Sigit bisa lebih menekankan pendekatan keadilan restoratif atau ‘restorative justice’ dengan melibatkan korban, pelaku, dan masyarakat sekitar. 

Meski begitu, lanjut Herman Herry, pendekatan keadilan restoratif itu harus memenuhi syarat materiil dan formil serta berjalan dalam koridor profesionalisme dan penegakan hak asasi manusia.

Lanjut politisi yang akrab disapa HH itu, Komisi III DPR akan menggelar rapat pimpinan dan Ketua Kelompok Fraksi (Kapoksi) pada Selasa (19/1) pukul 14.00 WIB dalam rangka mempersiapkan proses uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri yang dijadwalkan digelar pada, Rabu (20/1) pukul 10.00 WIB. (rht)

Comments

comments