Lockdown Akhir Pekan Bisa Menjadi Alternatif Tekan Penyebaran COVID

Acuantoday.com, Jakarta – Plt Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay mengatakan, keputusan lockdown akhir pekan bisa menjadi kebijakan alternatif, dan bisa dievaluasi untuk melihat dampaknya.

“Lockdown akhir pekan ini bisa menjadi kebijakan alternatif. Tidak ada salahnya untuk dicoba. Tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Setelah sebulan, bisa dievaluasi lagi untuk melihat dampaknya,” kata Saleh Daulay, Senin (1/2).

Menurut Saleh Daulay, jika kebijakan lockdown akhir pekan mampu menekan lajunya orang terpapar, maka bisa untuk dilanjutkan. “Jika baik, bisa dilanjutkan. Jika tidak, bisa dicari alternatif kebijakan lainnya,” ucapnya.

Dijelaskan Anggota Komisi IX DPR RI, kebijakan lockdown akhir pekan yang diusulkan Fraksi PAN sudah agak terlambat, tetapi patut disyukuri.

“Walau terkesan terlambat, namun tetap patut disyukuri. Dengan pengakuan ini, presiden tentu sudah menyadari kelemahan-kelemahan yang ada. Tentu harus dicarikan bagaimana solusinya,” jelasnya.

“Semua harus berkontribusi. Selain kampanye 3M dan 3T, semua harus juga terlibat mengajak orang lain. Sebab, kalau hanya sekelompok orang yang terlibat, diyakini tidak akan efektif,” pungkasnya.

Diketahui, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa kebijakan PPKM Pulau Jawa dan Bali untuk menekan angka penularan kasus virus korona atau Covid-19 tidak efektif. Kebijakan PPKM sendiri telah berlansung sejak 11-25 Januari 2021. (rht)

Comments

comments