Lucinta Luna Divonis 1,5 Tahun Penjara

Terdakwa kasus penyalahgunaan narkoba, Lucinta Luna divonis hukuman satu tahun enam bulan penjara oleh majelis hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Rabu (30/9)./Foto: Antara

Acuantoday.com, Jakarta―Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat menjatuhkan vonis terhadap terdakwa kasus penggunaan narkoba Lucinta Luna dengan hukuman 1,5 tahun penjara.

“Menjatuhkan hukuman dengan pidana satu tahun enam bulan dan denda Rp 10 juta rupiah, diganti kurungan satu bulan,” kata Hakim Ketua Eko Aryanto di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Rabu (30/9).

Vonis itu setengah lebih ringan dibanding tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menuntut Lucinta dengan hukuman badan selama tiga tahun.

Dalam putusannya, majelis hakim menjelaskan hal yang memberatkan hukuman karena Lucinta dinilai tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas penggunaan narkoba.

Sedangkan, yang jadi pertimbangan hukuman lebih ringan dari tuntutan JPU adalah artis berusia 31 tahun itu dianggap masih berusia muda dan belum pernah dipidana.

Awal kasus yang menjerat Kasus Lucinta Luna bermula saat dia dan tiga kawannya digerebek polisi di Apartemen Thamrin City, Jakarta Pusat pada 11 November 2019.

Saat itu, polisi mendapati butir-butir pil diduga ekstasi di dalam keranjang sampah. Setelahnya, Lucinta langsung ditetapkan sebagai tersangka. 

Pemeran film Bridezilla ini sempat ditahan di Rutan Polda Metro Jaya dan Rutan Pondok Bambu dalam beberapa bulan hingga kemudian menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

Sebelum Majelis Hakim membacakan amar putusan vonis, Lucinta pada 2 September 2020 menjalani sidang pembelaan atau pledoi. Saat itu, ia berusaha meyakinkan ke Majelis Hakim bahwa barang haram yang didapati di apartemennya bukanlah miliknya. 

Dalam nota pembelaannya, ia memohon keringanan hukuman, bahkan pembatalan hukum, karena mengaku sebagai tulang punggung keluarga sehingga mesti menafkahi sanak familinya. (rwo)

Comments

comments