Luhut Minta Delapan Gubernur Siapkan Hotel untuk Karantina Pasien COVID 19 Tanpa Gejala

Acuantoday.com, Jakarta – Gubernur di delapan provinsi penyumbang terbesar kasus COVID-19 diminta menyiapkan hotel bintang dua atau tiga di wilayahnya untuk pusat karantina pasien tanpa gejala (Orang Tanpa Gejala/OTG) atau yang bergejala ringan.

Permintaan itu disampaikan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

“Pak Menko minta para gubernur untuk meniru langkah yang telah dilakukan oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah,” kata Juru Bicara Menko Maritim dan Investasi, Jodi Mahardi, dalam keterangan di Jakarta, seperti dikutip Antara, Jumat (18/9).

Jodi menuturkan, permintaan itu disampaikan Luhut saat memimpin rapat koordinasi pengendalian COVID-19 secara virtual, Kamis (17/9).

Menurut Jodi, Luhut juga meminta Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo untuk terus bekerja sama dengan daerah dalam melakukan disinfektan.

“Pak Menko minta Pak Doni untuk menyemprotkan disinfektan ke lokasi-lokasi keramaian setiap hari atau dua hari sekali,” katanya.
Luhut, tambah Jodi, juga meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk memastikan kebutuhan obat dan terapi yang dibutuhkan untuk kesembuhan pasien COVID-19.

“Beliau ingin ada standar obat bagi pasien COVID-19 di semua daerah, misalnya berkolaborasi dengan RSPAD yang beliau tahu sudah bagus,” tambahnya.

Khusus kepada aparat TNI dan Polri, lanjut Jodi, Luhut meminta agar operasi yustisi benar-benar dilaksanakan secara konsekuen dan disiplin. (Tami)

 

 

 

 

Comments

comments