Putusan Kasasi MA: Imam Nahrawi Dihukum 7 Tahun dan Denda Rp19 Miliar

Ilustrasi-Palu hakim./Foto: Web

Acuantoday.com, Jakarta—Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) bidang Yudisial Andi Samsan Nganro menjelaskan, dalam putusan kasasi, MA memutuskan untuk menambah uang pengganti atau denda bagi eks Menpora Imam Nahrawi sebesar Rp19 miliar.

“Hukuman tetap 7 tahun. Tapi uang penggantinya menjadi sebesar Rp19.154.203.882. Itu waktunya satu bulan harus dibayar,” kata Andi Samsan di Jakarta, Selasa (16/3).

Alumnus Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Makassar itu menjelaskan, jika dalam waktu sebulan Politikus PKB itu tak mampu membayar uang denda ke negara, maka diganti dengan hukuman badan.

Selain itu, papar Andi, jika uang Imam Nahrawi tidak cukup, maka aset dan harta bendanya disita negara untuk dilelang. Jika nilai bendanya tidak cukup, baru denda dikonversi menjadi hukuman badan selama tiga tahun.

“Bila tidak mencukupi maka diganti tiga tahun penjara,” ujarnya.

Selain dipenjara 7 tahun dan wajib mengganti uang negara sebesar Rp19 miliar, jelas Andi, Imam Nahrawi setelah keluar dari penjara, juga dilarang aktif berpolitik selama lima tahun. Dihitung sejak tanggal keluar dari tahanan. (mmu)

Comments

comments