Maafkan Abu Janda, Ketum Pemuda Muhammadiyah Ingin Proses Hukum Tetap Lanjut

Abu Janda. (Foto : Antara)

Acuantoday.com, Jakarta- Pegiat media sosial (medsos) Permadi Arya alias Abu Janda telah menyambangi rumah Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah, Sunanto atau akrab dipanggil Cak Nanto pada Sabtu (6/2/2021 untuk meminta maaf atas kontroversi yang dibikinnya di sosial media.

Meski sudah memaafkan Abu Janda, Cak Nanto menjelaskan, proses hukum yang dihadapi Abu Janda harus tetap dilanjutkan untuk membuktikan apakah ucapan Permadi itu benar mengandung unsur penghinaan agama.

“Kita tidak ikut campur terlalu jauh terhadap proses hukum itu, tetapi hanya meminta asas keadilan dan proses hukum yang transparan sehingga memberikan penjelasan apakah benar ada niat jahat, apakah ada upaya mau mendiskriminasikan agama kita, tentunya itu akan menjadi catatan perjalanan bangsa ini,” kata Cak Nanto dalam keterangan tertulis yang diterima AcuanToday.com, Minggu (7/2/2021).

Soal pihaknya yang sudah memberikan maaf, ucap Pemuda asal Madura itu, hanya sebagai kewajiban seorang muslim secara individual semata yang tak berhubungan dengan proses hukum.

“Sebagai sesama muslim tentunya penjelasan, permohonan maaf tentu menjadi kewajiban sebagai seorang sesama muslim untuk memaafkan itu semua.

Namun, papar eks Ketua Bidang Kader Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Mumahmmadiyah (IMM) Jateng itu, karena kasus Abu Janda sudah memasuki ranah hukum sebaiknya aparat kepolisian tetap memproses secara objektif sesuai fakta yang ada di lapangan.

”Tapi karena ini sudah masuk ke ranah hukum, kepolisian, saya kira pihak kepolisian, hukum tetap berjalan dan semoga berdasarkan fakta dengan kejujuran dan keadilan yang diputuskan,” pungkasnya. (Mmu)

Comments

comments