Mabes Polri Tak Hadir, Hakim Tunda Sidang Praperadilan Kasus Kerumunan Rizieq

Suasana sidang permohonan Praperadilan kasus Kerumunan Petamburan dengan tersangka M Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Foto: Acuantoday.com (ali)

Acuantoday.com, Jakarta―Sidang permohonan praperadilan kasus Kerumunan Petamburan dengan tersangka Muhammad Rizieq Shihab (MRS) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan ditunda karena pihak Mabes Polri tidak hadir.

”Karena termohon tidak hadir, sidang ditunda hingga Senin, 1 Maret 2021,” kata Hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (22/2).

Kuasa Hukum Rizieq Shihab, Alamsyah Hanafiah, memprotes dan meminta Hakim untuk meninggalkan saja Mabes Polri jika di sidang selanjutnya tak hadir.

Alamsyah pun usul, lebih baik Hakim melanjutkan sidang ke tahap pembuktian jika Mabes Polri tidak datang lagi nantinya.

Menanggapi permintaan Alamsyah tersebut, Hakim bakal mempertimbangkan permohonan pemohon dan tetap sidang ditunda hingga 1 Maret 2021.

Karena merasa terlalu lama, Alamsyah meminta penundaan hanya tiga hari kerja. Alasannya, karena Mabes Polri dekat dengan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

”Izin yang mulia, saya rasa tiga hari kerja saja cukup. Mabes Polri kan di wilayah Selatan, dekat juga dengan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan,” pintanya.

Namun hakim tetap kokoh dan menolak mengabulkan permohonan Alamsyah dengan alasan menumpuknya kasus yang sedang ditangani Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

”Kami masih banyak perkara yang perlu diselesaikan. Ini berkas pidana saja ada 50, yang penting tenggat waktu tersebut diperhatikan guna memanggil termohon (Mabes Polri),” ucap Hakim. (mmu)

Comments

comments