Mahfud MD Dibela PKS

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD /Foto : Antara

Acuantoday.com, Jakarta- Anggota Komisi III DPR RI, Achmad Dimyati Natakusumah membela Menteri Kordinator Politik dan Hukum, Mahfud MD. Menurut  politisi dari Partai Kedilan Sejahtera (PKS) ini Mahfud MD tidak harus bertanggung jawab atas munculnya kerumunan saat penjemputan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.

“Mahfud MD ya bener ya. Apa yang salah dari Mahfud Md? Ya kan boleh mengizinkan siapa pun, kerabatnya, apalagi pemimpinnya, menjemput presiden, kan boleh, asalkan tertib kan, tertib dan sesuai ketentuan,” kata Dimyati kepada wartawan, Rabu (16/12).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, pernyataan Mahfud MD yang memberikan izin penjemputan Habib Rizieq tidak salah, hingga tidak perlu dipanggil ke Polda Metro Jaya untuk melakukan pemeriksaan atau memberikan keterangan.

“Jadi, menurut saya, hemat saya, apa yang disampaikan Pak Mahfud nggak ada yang salah, nggak salah juga ya, bener itu,” ucapnya.

Mantan politisi PPP ini menjelaskan, jika mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini dipanggil ke Polda Metro Jaya, itu hanya sebatas formalitas semata.

“Nggak perlu, itu sudah jelas. Menurut saya, apa yang disampaikan Pak Mahfud, kan orang hukum ya, normatif, saya rasa nggak perlu dipanggil, dan hanya basa-basi kalau dipanggil,” jelasnya.

Sekedar diketahui, usai menjalani pemeriksaan di Mapolda Jawa Barat, RK menyebut kekisruhan yang berlarut-larut mengenai kegiatan Habib Rizieq tidak bisa dilepaskan dari peran Mahfud MD. Peran dimaksud merujuk pernyataan Mahfud yang mengizinkan kepulangan Habib Riziew dengan catatan dilakukan dengan tertib.

“Di situlah menjadi tafsir dari ribuan orang yang datang ke bandara ‘selama tertib dan damai boleh’, sehingga terjadi kerumunan yang luar biasa. Nah sehingga ada tafsir ini seolah-lah diskresi dari Pak Mahfud kepada PSBB di Jakarta, di Jabar dan lain sebagainya,” kata Ridwan Kamil. (rht)

Comments

comments