Makanan-makanan yang harus Dihindari setelah Berolahraga

Ilustrasi-- sumber foto healthline.com

Acuantoday.com— Setelah berolahraga, Anda tentu ingin mengkonsumsi sesuatu yang bisa menggantikan energy yang hilang. Tapi ingat ya, tidak sembarang makanan bagus dikonsumsi setelah berolahraga. Menurut para pakar, makanan pasca olahraga yang pas adalah kombinasi dari karbohidrat kompleks, air dan sejumlah protein.

Berikut ini adalah makanan-makanan yang harus dihindari setelah Anda berolahraga  sebagaimana dilansir epyk.com:

1.Semua jenis makanan ringan asin.

Tak jarang setelah berolahraga Anda ingin mengkonsumsi sesuatu yang asin. Tidak heran, mengingat Anda keringat yang berarti menghilangkan nutrisi bersama air (termasuk kalium). Sebaiknya, Anda memilih makanan sehat dan mengisi kadar kaliun anda dengan cara alami, tanpa menggunakan tablet garam atau snack asin, karena biasanya makanan itu memiliki kalori yang tinggi. Dari pada snack asin, lebih baik makan pisang. Ini bisa menjadi alternative makanan ringan sehat. Apalagi pisang dikenal mengandung kalium yang tinggi. Atau bisa juga mengkonsumsi beberapa potong buah-buhan kering.

2.Produk Makanan Manis dan Soda

Makanan manis dan minum soda, biasa dilakukan kebanyakan orang setelah berolahraga. Sebaiknya Anda menghindari ini. Karena tujuan  berolahraga selain untuk menghilangkan kelebihan lemak juga mendapatkan tubuh yang baik. Lalu kenapa Anda memakan makanan yang mengandung gula jika tahu itu mengandung banyak kalori?

Gula berlebih memiliki efek merusak tubuh dalam jangka panjang, salah satu efek sampingannya adalah memperlambat metabolism tubuh. Sedang metabolisme memainkan peranan penting dalam proses penurunan berat badan. Artinya, semakin cepat metabolism Anda, semakin cepat pula akan mendapat tubuh impian Anda. Jadi sebaiknya sebelum mengkonsumsi sebuah produk, bacalah label kandungan makanan yang biasanya tertera di kemasan. Jadi hindarilah produk makanan manis.

Sementara produk minuman soda pun kurang bagus karena bisa menyebabkan kembung. Jika Anda merasa sangat ingin minum sesuatu selain air dan jus buah alami, sebaiknya minum es teh tanpa gula. Ini akan membuat Anda terhidrasi.

3.Makanan berlemak dan Kue

Hindari makanan cepat saji, makanan ringan berlemak, makanan berminyak, kentang goreng dan semacamnya. Jangan lupa bahwa tujuan utama Anda adalah untuk mengurangi lemak pada tubuh bukan  untuk meningkatkannya. Pada saat yang sama, tubuh Anda membutuhkan untuk menghasilkan lebih banyak glikogen, zat penting yang diproduksi dan disimpan dalam otot dan hati. Makanan berlemak pasti tidak akan berguna untuk itu. Itu juga akan meningkatkan kolesterol LDL (juga dikenal sebagai “kolesterol jahat”) dan dalam jangka panjang berisiko tinggi  terkena  penyakit jantung.

4.Sayuran mentah

Meskipun benar bahwa buah-buahan dan sayuran mentah tidak boleh dilewatkan dalam melakukan diet sehat, namun  adalah penting untuk memiliki pola makan sehat dan seimbang, tidak fokus secara eksklusif pada sayuran. Selama latihan, tubuh Anda menggunakan hampir semua energi dan membakar sejumlah besar kalori.  Sayuran mentah saja pasti tidak akan membantu Anda melengkapi hilangnya nutrisi berharga, vitamin dan mineral. Dengan kata lain, Anda  tidak harus hanya makan sayuran mentah, tapi juga membutuhkan serat ekstra dan protein untuk mendukung pengembangan otot. Mengkonsumsi sayuran adalah bagus,  sehat dan rendah lemak, tetapi  itu tidak cukup sebagai makanan pemulihan setelah latihan, karena itu tidak dapat membantu mempertahankan tingkat metabolisme stabil.

5.Susu Coklat

Susu cokelat diketahui mengandung ratusan kalori tetapi, di sisi lain, jika Anda mengkonsumsi susu cokelat  tidak berlebihan, tentu itu baik bagi Anda.  Penelitian mengungkapkan,  cokelat susu dan dark chocolate dapat meningkatkan memori dan meningkatkan fungsi kognitif. Selain itu, dark chocolate memiliki antioksidan yang menurunkan risiko kanker dan juga melawan radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh Anda. Tapi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi coklat sebelum latihan, daripada setelah latihan. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk membakar kalori ekstra dan memanjakan diri dengan kesenangan manis. Terlepas dari manfaat kesehatan, mengkonsumsi cokelat  setelah latihan adalah bukan pilihan yang baik karena tidak akan memberikan nutrisi yang Anda butuhkan untuk mengisi ulang tubuh Anda setelah latihan intensif.

6.Kue-kue an

Meskipun benar bahwa kue-kue akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama, namun itu bukan pilihan makanan setelah latihan. Tubuh Anda membutuhkan karbohidrat berkualitas tinggi untuk menggantikan glikogen yang hilang selama latihan, dan meskipun kue-kue yang penuh dengan karbohidrat, itu bukan nutrisi yang sehat. Lebih baik makanlan roti gandum atau buah-buahan kering. Hindari roti putih (roti yang terbuat dari tepung terigu yang sudah diolah). Hindari mengkonsumsi kue-kue-an dan donat.

7.Sereal

Makanan sereal dirancang untuk memberikan bahan bakar dan energi yang Anda butuhkan sebelum latihan, bukan setelah latihan. Sayangnya, banyak orang  mengkonsumsinya setelah berolahraga. Seperti Anda tahu,  makanan sereal mengandung gula dan itu akan menurunkan metabolism tubuh dan merangsang produksi lemak. Selain itu, sereal meningkatkan energy Anda, dan, ini berarti akan sulit tidur pada malam hari, jika Anda berolahraga pada malam hari. Jadi sebaiknya hindarilah makannan sereal.***dian

Comments

comments