Malam Tahun Baru, Polisi Tutup Sejumlah Jalan Utama Jakarta

Pengaturan lalu lintas Jalan Gerbang Pemuda arah Jalm Gatot Subroto diputar balik di depan TVRI, atau belok kanan ke dalam kawasan GBK sehubungan pidato kenegaraan di Jakarta, Jumat (14/8/2020)../Foto: Antara

Acuantoday.com, Jakarta―Sejumlah aturan bakal diberlakukan polisi saat momen malam pergantian Tahun Baru 2021 di Jakarta.

Langkah ini dilakukan untuk menghindari risiko penularan Covid-19 akibat aktivitas masyarakat yang menimbulkan kerumunan. 

Ditlantas Polda Metro Jaya bakal menerapkan car free night dan crowd free night di sejumlah ruas jalan protokol, yang biasanya jadi titik kumpul. 

“Pelaksanaan car free night dan crowd free night dilaksanakan di Jalan Sudirman-Thamrin dan Banjir Kanal Timur, mulai pukul 20.00-03.00. Car free night di Jalan Sudirman-Thamrin tidak boleh dimasuki kendaraan bermotor,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Mapolda Metro Jaya, Rabu (30/12). 

Upaya lain mencegah kerumunan di malam pergantian Tahun Baru 2021, kata Sambodo, rekayasa lalu lintas bakal dilakukan, mulai dari Bundaran Senayan sampai Harmoni. 

Rinciannya, seluruh kendaraan dari arah Jalan Pattimura akan dibelokkan ke Jalan Sisingamangaraja; Jalan Asia afrika disekat dari Hotel Fairmont; untuk Semanggi hanya bisa ke arah barat ke timur, timur ke barat; dan Slipi hanya bisa ke arah Mampang, tidak bisa ke Sudirman atau Jalan Veteran, termasuk Kebon Sirih, Budi Kemuliaan, dan kawasan Medan Merdeka. Kecuali untuk ambulans yang akan melintas ke rumah sakit seputar Jalan Sudirman-Thamrin. 

Sambodo juga menyampaikan, bakal ada 11 titik penyekatan, yaitu di Ring Road Tegal Alur, Perempatan Pasar Jumat, Ciledug, Universitas Indonesia, Joglo, Kalideres, Kembangan, Kalimalang, Jalan Raya Bogor, di depan Polsek Batu Ceper, dan Harapan Indah. 

“Semua titik akan disekat mulai pukul 20.00-01.00. Kami akan filterisasi, bukan menutup kota Jakarta. Kami akan tutup dari konvoi, dari orang yang diperkirakan akan merayakan malam tahun baru di Jakarta,” imbuhnya. 

Dalam penjagaan malam besok, sejumlah polisi dari 8.139 personel gabungan yang ada disiagakan. Mereka bertugas memastikan 6 langkah kepolisian dalam upaya menjaga kondusifitas, di antaranya:

  1. Car free night dan crowd free night digelar di beberapa ruas jalan Ibukota; 
  2. Penyekatan perbatasan masuk wilayah DKI Jakarta pada 31 Desember malam; 
  3. Patroli skala besar gabungan TNI, Polri, dan Pemprov DKI Jakarta; 
  4. Pembubaran kerumunan; 
  5. Pelaksanaan rapid test kepada kerumunan warga; 

6. Penindakan hukum terhadap pelanggar protokol kesehatan. (rwo)

Comments

comments