Marzuki Ali: Di Partai Politik Tidak Ada Kudeta

Foto:Antara

Acuantoday.com, Jakarta―Mantan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Marzuki Alie menegaskan, dalam partai politik tidak ada kudeta, yang ada adalah Kongres Luar Biasa (KLB) sebagaimana diatur dalam konstitusi partai.

Hal ini disampaikan Marzuki Alie menjawab desakan kader Partai Demokrat untuk memecat para anggota partai aktif yang terlibat isu kudeta terhadap Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beberapa waktu lalu.

“Di partai itu nggak ada kudeta. Yang ada KLB (kongres luar biasa), itu diatur dalam konstitusi partai. KLB akan sah apabila memenuhi syarat, artinya diinginkan oleh mayoritas pemilik suara,” kata Marzuki Alie kepada wartawan, Rabu (24/2).

Mantan Ketua DPR RI ini meminta pihak pengurus untuk membuka ruang diskusi kepada pihak-pihak yang dituduh akan melakukan kudeta, agar masalah ini mendapat hasil yang adil.

“Kalau pesan saya, sebaiknya dibuka ruang komunikasi, sehingga tidak menang-menangan, harus win-win solution,” ucapnya.

Politisi senior Partai Demokrat ini menuturkan, langkah pemecatan terhadap kader partai yang terlibat dalam gerakan kudeta adalah cerminan dari gaya kepemimpinan otoriter.

Untuk itu, jalan tengahnya adalah KLB untuk mengetahui siapa yang disukai.

“Kalau tempur itu tidak baik bagi partai, tapi kalau ruang komunikasi tidak ada, jalan satu-satunya KLB, di situ dibuktikan saja siapa yang mendapat dukungan paling banyak,” jelasnya.

Namun, menurut dia, setelah KLB sebaiknya bersatu lagi.

“Partai yang pecat memecat itu menunjukkan kepemimpinan yang otoriter, nggak bagus,” pungkas Marzuki Alie.

Diketahui, Kepala Bakomstra PD Herzaky Mahendra Putra mengakui, beberapa kader Partai Demokrat yang aktif sedang diproses oleh internal partai atas keterlibatan mereka dalam gerakan kudeta, seperti Anggota DPR RI Jhoni Allen Marbun. Salah satu masukan yang diterima pengurus partai adalah langkah pemecatan terhadap mereka. (rht)

Comments

comments