Mau Demo di Gedung DPR, Demonstran Dihadang Polisi

Personel gabungna dari TNI dan Polri menutup akses jalan ke Gedung DPR, Kamis (8/10). Tampak sejumlah berikade perlengkapan pengamanan polisi antara lain barakuda, panser, serta kawat berduri.Rahmat (Acuantoday.com)

Acuantoday.com, Jakarta- Ribuan buruh yang tergabung dalam PUK Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi menggelar aksi demonstrasi penolakan pengesahan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja Omnibus Law di kawasan DPR RI pada, Kamis (8/10).

Ribuan buruh itu tiba sekira pukul 11:40 WIT, namun tidak berhasil sampai di depan Gedung DPR. Aparat kepolisian dari Polda Metro dan Anggota TNI menghadang massa tepat di bawah flyover dekat DPR. Massa demo diarahkan ke depan pintu masuk GElora Bung Karno (GBK).

“Kami gabungam buruh dari DPC PUK Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi menolak Omnibus Law, karena merugikan buruh,” kata Nn kepada Acuantoday.com di lokasi aksi.

Buruh dari Kabupaten Bekasi ini mengaku heran dengan DPR yang mengesahkan UU di malam hari. Padahal, ada waktu siang untuk mengesahkannya. “Kalau gak masalah kenapa malam disahkan, baiknya disahkan siang atau pagi,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolsek Metro Tanah Abang, Kompol R. Muhammad Jauhari menyarankan agar massa demo mematuhi aturan Pemerintah tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Demi kesehatan kita semua dan keluarga rekan semua, mohon dapat mentaati apa yang dianjurkan Pemerintah, kami himbau dan minta tolong demi kesehatan kita semua bisa meninggalkan lokasi ini, jangan sampai klaster baru,” kata Kompol Jauhari kepada massa demo.

Kompol Jauhari juga mengintruksikan aparat kepolisian untuk mengawal massa demo meninggalkan lokasi. Dirinya juga mengaku pihaknya sangat melindungi dan melayani masyarakat.

“Silahkan meninggalkan lokasi ini nanti dikawal, tidak ada maksud lain, dimassa PSBB dilarang berkerumunun, kita sangat melayani penuh ke masyarakat,” tutupnya.

Massa demo yang tiba di kawasan DPR pukul 11:40 WIB itu langsung membubarkan diri pukul 12:50 WIB dengan pengawalan ketat dari aparat kepolisian. Kompol Jauhari sendiri ikut mengawal massa demo untuk kembali ke Bekasi. (rht)

Comments

comments