Megawati Instruksikan Cakada Patuhi Protokol Kesehatan COVID-19

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat memberikan arahan kepada 212 calon kepala daerah (Cakada) baik kader maupun non kader pada Sekolah Partai Cakada PDIP gelombang III yang dilakukan secara virtual, Minggu (13/9/2020)./ Foto: Antara

Acuantoday.com, Jakarta- Calon kepala daerah (cakada) kader maupun non kader yang diusung PDI Perjuangan diminta mematuhi kebijakan dalam protokol kesehatan pandemi covid-19.

Penegasan disampaikan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat memberikan arahan di Sekolah Partai PDI Perjuangan Gelombang III yang dilaksanakan secara virtual, Minggu (13/9/2020).

Dalam arahannya, putri Presiden RI pertama Sukarno itu mengingatkan bahwa intruksi diberikan karena hingga saat ini pandemi COVID-19 belum dapat diprediksi kapan akan berakhir.

Saat memulai arahannya mengenai kebijakan terkait Covid, Megawati menceritakan dialognya dengan Proklamator RI sekaligus ayah kandungnya, Soekarno. Suatu saat, Soekarno bertanya kepada Megawati, apa sih yang sebenarnya dibutuhkan oleh rakyat.

Megawati menekankan selain pemenuhan pangan sebagai kebutuhan pokok, rakyat juga harus dicukupi kebutuhan sandang (pakaian) dan papan (perumahan) oleh pemimpinnya. Di luar itu, adalah pendidikan.

“Lalu supaya sehat, tidak stunting, diberikanlah kesehatan. Vaksinasi. Sepanjang yang dari PDI Perjuangan, jangan ada yang tidak mau memberikan yang namanya vaksinasi bagi anak-anak,” tegas Megawati.

Soal vaksinasi ini penting, lanjut Megawati, sebab banyak yang belum bisa mempertimbangkan manfaatnya. “Karena vaksin itu untuk mencegah. Seperti sekarang sudah kita alami sendiri, orang kebingungan karena tidak ada obatnya, sedang mencari vaksinnya,” imbuhnya.

Program selanjutnya yang harus dilakukan oleh kepala daerah adalah memastikan bayi dan anak memiliki imunitas yang kuat. Kemudian program tanaman pendamping beras.

Di acara itu, Megawati didampingi para pengurus teras partainya seperti Sekjen Hasto Kristiyanto, Wasekjen Utut Adianto, dan beberapa Ketua DPP seperti Eriko Sotarduga, Djarot Saiful Hidayat, Komaruddin Watubun, Ribka Tjiptaning, Ahmad Basarah, Hamka Haq, Sri Rahayu, dan Tri Rismaharini.(har)

Comments

comments