Menantu Rizieq Juga Mangkir, Ini Alasannya

Kuasa hukum Hanif Alatas (menantu Rizieq Shihab) sebut kliennya mangkir karena dua hal. Salah satunya disebabkan sangkalan hukum yang dinilai tidak tepat. Foto: Acuantoday.com/Rohman Wibowo

Acuantoday.com, Jakarta- Hanif Alatas, menantu Muhammad Rizieq Shihab mengikuti langkah mertuanya mangkir dalam pemeriksaan kasus pelanggaran protokol kesehatan yang semestinya dihadiri pada Selasa (1/12) pagi.

Kamil Pasha selaku kuasa hukum Hanif mengatakan kliennya mangkir dari pemeriksaan karena terganjal acara pribadi yang sudah dijadwalkan jauh-jauh hari. Sementara itu, surat pemanggilan polisi baru sampai ke tangan Hanif H-2 sebelum jadwal pemeriksaan.

Hal itu lantas disebut menyalahi aturan.

“Kami mohon maaf hari ini belum bisa memenuhi panggilan. Habib Hanif sudah ada jadwal ketika dipanggil itu harusnya surat pemanggilan itu berdasarkan KUHAP H-3 setidaknya, tapi dia dipanggil H-2,” kata dia di Mapolda Metro Jaya, Selasa.

Alasan lain, Kamil melihat kliennya memang semestinya tidak perlu penuhi panggilan polisi. Sebab kapasitas pemanggilan Hanif selaku saksi tidak tepat, menyusul yang bersangkutan diklaim tidak mengetahui kronologi dua acara yang dianggap melanggar protokol kesehatan.

Kedua acara yang dimaksud, baik acara nikah adik iparnya (Najwa Shihab yang merupakan anak Rizieq) di Petamburan atau acara Maulid Nabi di Tebet pada medio November lalu.

“Nah gini waktu acara itu kan di Tebet itu kan undangan, mungkin lebih tepat ya pihak lain yang lebih tahu, karena kita cuma diundang,” ujarnya.

Apabila panggilan dimaksud soal pernikahan putri Rizieq Shihab di Petamburan, menurut Kamil peran Hanif Alatas hanya sebatas mengetahui adanya pernikahan saja. “Beliau sebagai pihak keluarga mau tidak mau kan hadir juga di situ,” imbuhnya.

Atas dasar ketidaktahuan itu lah, Kamil membantah sangkaan hukum oleh polisi untuk Hanif, wabilkhusus soal Pasal 160 KUHP.

“Kalau dikatakan ada pasal 160, menghasut, menghasut yang mana. Beliau tidah tahu. Yang kedua juga masalah menghalang-halangi atau tidak mematuhi perintah petugas, yang bersangkutan juga tidak tahu mengenai hal yang mana,” tutur dia.

Merujuk alasan demikian, ia belum bisa memastikan Hanif bakal datang penuhi panggilan kedua polisi. “Ya nanti dikoordinasikan dengan anggota tim kuasa hukum lain,” pungkas dia. (rwo)

Comments

comments