Mendengarkan Podcast Bermanfaat bagi Otak

Ilustrasi--- sumber gambar happierhuman.com

Acuantoday.com— Dari suara meditasi yang menenangkan hingga kisah kejahatan nyata yang mendebarkan hati bisa didapat di podcast.

Mengutip goodhousekeeping, berdasarkan data podcasthosting.org, 55% orang Amerika telah mendengarkan setidaknya satu episode podcast, dan sekitar 37% mengatakan mereka mendengarkan podcast setidaknya setiap bulan. Tapi pernahkah Anda memikirkan apa yang terjadi dalam pikiran Anda ketika mendengarkan podcast?

“Otak Anda adalah organ yang kompleks,” jelas Titi Shodiy, seorang ilmuwan juga insinyur, yang menyelenggarakan Podcast Dope Labs bersama ahli biologi molekuler Zakiya Whatley.

“Pada saat tertentu, berbagai bagian otak Anda mengeluarkan pesan yang berbeda.” Secara ilmiah, mengonsumsi informasi dapat mengaktifkan jalur mesolimbik Anda, yang juga dikenal sebagai “jalur penghargaan”, melepaskan dopamin ke seluruh otak. Bahan kimia “perasaan baik” ini bertanggung jawab atas kesenangan dan menerangi pusat penghargaan pikiran Anda.

Seberapa sering Anda mendengarkan podcast?

Jadi, bagaimana mendengarkan podcast bermanfaat bagi otak Anda? Sebuah studi 2016 dari UC Berkeley menyimpulkan bahwa mendengarkan cerita naratif (seperti podcast) dapat merangsang banyak bagian otak Anda— entah itu  adrenalin karena Anda mendengarkan podcast kejahatan atau podcast komedi yang meningkatkan endorfin Anda.

Kami meminta Titi dan Zakiya untuk membantu menjelaskan, dalam istilah awam, bagaimana tepatnya mendengarkan berbagai jenis podcast dapat memengaruhi otak Anda.

Apa yang terjadi pada otak Anda saat Anda mendengarkan podcast meditasi?

Di masa yang penuh gejolak saat ini, menyalakan podcast meditasi dapat membantu Anda menenangkan pikiran. Itu karena meditasi yang menenangkan dapat mengaktifkan batang otak, talamus, dan korteks pendengaran Anda.

Akibatnya, otak Anda melepaskan zat kimia yang disebut oksitosin. Diproduksi oleh kelenjar pituitari dan dikenal sebagai “hormon cinta”, ini sering kali dikaitkan dengan empati, kepercayaan, dan membangun hubungan.

Menurut Medical News Today, penelitian menunjukkan bahwa oksitosin dapat mengurangi stres dan kecemasan. Suara alam yang menenangkan, musik, atau derau putih dapat membantu meredam suara latar yang tidak diinginkan, membuat podcast meditasi sempurna untuk bersantai, atau bahkan sebelum tidur.

“Mendengarkan suara yang menenangkan juga dapat meningkatkan fokus dan produktivitas,” kata Titi.

Apa yang terjadi pada otak Anda ketika Anda mendengarkan kejahatan yang sebenarnya?

Jika Anda mencari sesuatu yang lebih menggairahkan, saksikanlah kejahatan sejati. Ada alasan ilmiah mengapa penggemar genre ini terus datang kembali untuk menonton lebih banyak lagi. Otak Anda menafsirkan informasi yang sangat menegangkan melalui medula oblongata, yang menghasilkan adrenalin.

Bahan kimia yang memicu stres ini memicu respons “lawan atau lari”. Ketergesaan yang mungkin Anda dapatkan dari mendengarkan kejahatan yang sebenarnya juga mengaktifkan kelenjar pituitari Anda, melepaskan endorfin.

Endorfin memengaruhi otak Anda mirip dengan opioid, yang berarti mereka bisa membuat ketagihan. Jenis podcast ini juga dapat menghasilkan produksi dopamin dan serotonin. “Dopamin dan serotonin adalah bahan kimia yang membuat Anda merasa nyaman, jadi memberi Anda perasaan ‘Saya takut – tapi saya menyukainya,'” jelas Titi.

Apa yang terjadi pada otak Anda ketika Anda mendengarkan podcast komedi?

Ternyata tawa sebenarnya adalah obat terbaik. Saat otak Anda mengonsumsi konten yang membuat tertawa, otak Anda mengaktifkan lobus frontal dan korteks serebral.

Lobus frontal Anda yang “menerjemahkan” lelucon untuk menentukan apakah lelucon itu lucu atau tidak. Ketika Anda berpikir ada sesuatu yang lucu, lobus frontal Anda mengirimkan pesan itu ke korteks serebral Anda, yang memicu hal-hal seperti tawa, kejutan, dan kegembiraan. Humor juga menurunkan kadar kortisol, yang berarti ideal untuk mengurangi stres.

Jika Anda tidak yakin di mana bisa memperbaiki podcast komedi Anda, Zakiya dan Titi menyarankan untuk menonton The Read; mereka juga tidak bisa mendapatkan cukup dari episode terbaru The Michelle Obama Podcast yang menampilkan pelawak Conan O’Brien, di mana mantan FLOTUS dan komedian berbicara tentang pentingnya menertawakan bahkan saat-saat yang paling menegangkan – seperti ketika Barack pernah mengantarkan Michelle begitu gila karena dia melempar cincin pertunangannya ke seberang ruangan (tapi dia melemparkannya sedemikian rupa sehingga dia akan tahu di mana menemukannya nanti, tentu saja!). ***dian

Comments

comments