Mengarungi Jeram, Baitul Mal Salurkan Dana ZIS ke Pelosok Aceh Selatan

Baitul Mal Aceh Selatan Salurkan Dana ZIS kepada warga Alue Keujrun Kluet Tengah Aceh Selatan, 28/4/2021

Acuantoday.com, Kluet Tengah– Baitul Mal Aceh Selatan menyalurkan Dana Zakat Infaq dan Sadaqah (ZIS) kepada  penerima manfaat di Gampong Alue Keujrun Kecamatan Kluet Tengah Kabupaten Aceh Selatan.

Kepala Badan Pelaksana (Bapel) Baitul Mal Aceh Selatan Tgk H Ahmad Ibrahim BA menyatakan, kedatangan tim Baitul Mal ke Gampong Alue Keujrun ini untuk menyalurkan dana ZIS komsumtif untuk senif fakir, miskin, fisabillah dan bantuan anak yatim, yatim piatu kurang mampu.

“Kita sekaligus bersilahturahmi dengan masyarakat yang tinggal di pelosok pedalaman Aceh Selatan. Alhamdullah seumur dan setua ini, baru kali ini saya bisa sampai dan bertemu langsung dengan masyarakat Alue Keujrun,” ujarnya kepada Acuantoday.com, Tabu (28/4/2021).

Perjuangan mengarungi Arun Jeuram Aliran Sungai, untuk bisa sampai ke dermaga mini sarah baru

Selama ini, pihaknya hanya mendengar nama gampongnya namun hari ini bisa hadir meski harus menempuh perjalanan yang sangat menegangkan. “Suatu kebanggaan tersendiri yang luar biasa bisa sampai ke gampong Alue Keujrun atau sarah baru ini,” kata Ahmad Ibrahim.

Dia juga merasa senang bisa menyalurkan dana ZIS langsung kepada warga atau masyarakat mustahik sesuai dengan pendataan. Ini, ujarnya, merupakan bentuk perhatian Pemerintah Daerah Aceh Selatan melalui Baitul Mal, khususnya warga di Gampong Alue Keujrun.

Ahmad Ibrahim menyampaikan, jumlah penerima bantuan ZIS komsumtif tersebut adalah senif Fakir 3 orang, miskin 12 orang dan fisabillah 5 orang dan 1 orang anak yatim. Jumlah total bantuan yang disalurkan Rp6.150.000 yang bersumber dari dana ZIS tahun 2020.

“Melihat kondisi warga setempat, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak Kecamatan (Muspika) untuk memberikan bantuan agar ke depan lebih memperhatikan kondisi ekonomi masyarakat di gampong Alue Keujrun,” ucapnya

Pada kesempatan itu, Keuchik Gampong Alue Keujrun Agustaria Bangung menyatakan, perjuangan dan semangat tim Baitul Mal untuk berkunjung ke gampongnya di tengah bulan Puasa, sangat luar biasa. “Gampong Alue Keujrun memiliki 54 rumah warga, 67 KK dan 248 jiwa. Rata-rata tergolong sangat miskin dan mata pencaharian berkebun,” imbuhnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, perlu banyak dibantu. Terutama, ada 40 unit rumah warga yang masih kurang layak untuk dihuni. Dia berharap Pemkab Aceh Selatan melalui Baitul Mal dapat terus memberikan perhatian ke gampong ini.

“Meski akses menuju ke kediaman kami penuh dengan perjuangan dengan menggunakan perahu mengarungi Jeuramaliran sungai. Memerlukan waktu 2 hingga 3 jam perjalanan untuk bisa sampai di dermaga sarah baru,” ucap Keuchik Agustaria. (Naidy)

 

 

Comments

comments