Mengelola Keuangan di Masa Pandemi Covid 19

Ilustrasi--foto cigna co id

Acuantoday.com— Belum ada tanda-tanda kapan pandemic Covid 19 ini akan berakhir. Sementara kondisi perekonomian terasa semakin sulit. Banyak perusahaan terpaksa melakukan PHK atau merumahkan sebagian karyawannya. Ada juga perusahaan yang tidak mengambil kebijakan PHK namun memotong penghasilan karyawannya.

Bagi karyawan yang tidak kena PHK, tentu sangat bersyukur, sekalipun hanya menerima setengah gaji. Itu lebih baik daripada sama sekali tidak ada penghasilan. Meskipun tentu, perlu kerja keras untuk menyiasati gaji yang jauh berkurang, agar bisa tetap  survive di tengah situasi sulit.

Ada beberapa tips yang mungkin berguna:

1.Evaluasi kembali perencanaan keuangan yang telah Anda susun sebelumnya. Kalau memiliki dana darurat, maka kini saatnya lah menggunakan dana darurat untuk kebutuhan sehari-hari. Tapi jika tidak ada dana darurat maka kini saatnya mengencangkan ikat pinggang.

2.Dari evaluasi bisa terlihat adanya pos-pos yang mungkin bisa dihapus atau dikurangi. Pos entertainment dan belanja barang konsumtif, mungkin sebaiknya dihilangkan. Karena di masa pandemic yang tak tahu kapan berahir, kita tidak tahu keperluan apa yang menanti kita ke depannya. Jadi sebaiknya dana dari pos-pos itu, ditabung untuk suatu yang darurat.

3.Belanjakan uang hanya untuk keperluan dasar. Sekalipun nantinya, mungkin akan ada tawaran menggiurkan terkait belanja barang—seperti diskon besar atau cicilan ringan— sebaiknya tidak dilakukan.

4 Jika masih ada dana luang ada baiknya tetap menabung meski jumlahnya tidak sebesar dalam keadaan normal.

5.Kalau memungkinkan, bisa juga memikirkan untuk mencari penghasilan tambahan, misalnya dengan berjualan atau mengembangkan sesuatu yang bisa mendatangkan penghasilan. *** dian/ dari berbagai sumber

 

Comments

comments