Menghindari Penyakit Jantung Tanpa Obat-obatan, Mungkinkah?

Ilustrasi jantung-- sumber foto businessmodulehub.com

Acuantoday.com— Serangan jantung sering kali datang tak terduga. Bahkan terhadap orang yang sebelumnya tak pernah memiliki riwayat jantung. Menurut dokter, banyak orang yang tak menyadari kalau dirinya sebenarnya bermasalah dengan jantung. Hal itu membuat orang menjadi lalai sampai akhirnya serangan datang.

Dokter spesialis jantung dr Vito Damay Sp.JP (K) menyebut, kecuali factor genetic, penyakit jantung tidak muncul secara tiba-tiba. Memerlukan proses panjang hingga kolesterol jahat menumpuk menjadi plak dan menyumbat pembuluh darah. Tak jarang, proses itu terjadi sejak usia sekitar 20-an. Sehingga, Vito mengaku tak jarang mendapati pasien jantung yang masih berusia di bawah 40 tahun.

Karenanya sebelum hal itu terjadi, sebaiknya kita mulai aware dengan kondisi jantung kita. Ada beberapa cara untuk menjaga agar jantung tetap sehat. Cara ini tak memerlukan obat-obatan dan mudah dilakukan oleh kita.

Berikut cara mengurangi risiko penyakit jantung tanpa obat-obatan, sebagaimana dikutip dari webMd.

1.Jalan

Hanya 40 menit dan dilakukan tiga atau empat kali seminggu (atau 25 menit untuk olahraga yang lebih berat, seperti jogging) dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan berat badan. Anda tidak harus melakukan semuanya sekaligus.

Bahkan 10 menit setiap kali bagus untuk jantung Anda. Ajak anjing itu atau temui teman di taman. Jika Anda baru dalam berolahraga atau baru kembali berolahraga, mulailah dengan perlahan. Bicaralah dengan dokter Anda untuk mengetahui apakah Anda cukup sehat untuk berolahraga.

2.Berteman

Bersosialisasi atau berteman dapat membantu kesehatan jantung Anda. Penelitian menunjukkan, sendirian atau merasa sendirian (kesepian), berdampak buruk bagi jantung Anda sama  seperti merokok, tekanan darah tinggi, obesitas, atau tidak berolahraga. Yang penting bukanlah seberapa sering Anda melihat orang, tetapi seberapa terhubung perasaan Anda dengan orang lain. Jadi buatlah beberapa rencana dengan seorang teman lama. Atau bergabunglah dengan klub dan temui beberapa yang baru

3.Makan Lebih Banyak Buah dan Sayuran

Nutrisi dan serat (serta rendah kalori dan lemak) membuat jantung sehat. Tetapi itu juga memiliki antioksidan yang dapat membantu melindungi sel Anda dari kerusakan yang dapat menyebabkan diabetes dan penyakit jantung. Cobalah menambah makanan Anda dengan lebih banyak buah ataupun sayuran, bisa divariasikan.

4.Kacang-kacangan

Serat, lemak tak jenuh, dan asam lemak omega-3 dalam kacang-kacangan dapat membantu tubuh Anda mengurangi peradangan, kolesterol LDL “jahat”, dan penumpukan plak di pembuluh darah – semuanya terkait dengan penyakit jantung. Itu juga mungkin melindungi dari pembekuan darah yang menyebabkan stroke. Jenis kacang yang Anda pilih mungkin tidak terlalu penting, tetapi jangan berlebihan sebab kacang mengandung banyak kalori. Mungkin Anda bisa dalam seminggu Anda bisa memakan 4 genggam kecil kacang tawar.

5.Sajikan Salmon

Ikan berlemak dua porsi seminggu seperti salmon, mackerel, sarden, atau tuna dapat membantu kesehatan jantung Anda. Sebagian mungkin karena asam lemak omega-3 pada ikan, tetapi nutrisi lain juga dapat membantu. Ada perdebatan tentang salmon hasil budidaya vs. salmon yang ditangkap di alam liar.

6.Bukan hanya Olahraga

Bukan hanya latihan harian tunggal yang menurunkan peluang Anda terkena penyakit jantung, tetapi seberapa aktif Anda sepanjang hari. Meskipun Anda memiliki rutinitas olahraga, tapi jika Anda lebih banyak bermalas malasan bisa berbahaya bagi kesehatan Anda.

Sangat bagus kalau misalnya Anda berkebun, bermain dengan anak-anak Anda, atau bahkan membersihkan rumah adalah cara yang bagus untuk bangun dan bergerak.

7.Lakukan Yoga

Ini bukan hanya olahraga, tapi juga cara untuk menenangkan pikiran dan meredakan stres. Itu dapat menurunkan detak jantung dan tekanan darah dan membuat Anda tidak terlalu cemas, yang semuanya baik untuk jantung Anda. Jika yoga bukan keahlian Anda, luangkan waktu untuk cara sehat lainnya untuk bersantai dan mengurangi stres, seperti meditasi, mendengarkan musik, atau hobi yang Anda sukai.

8.Tidur malam Paling Sedikit 7 Jam

Tubuh Anda membutuhkan istirahat dalam yang lama. Selama waktu itu, detak jantung dan tekanan darah Anda turun sebentar, yang merupakan kunci kesehatan jantung. Jika Anda selalu tidur kurang dari 7 jam, tubuh Anda mungkin mulai membuat bahan kimia yang mencegah hal-hal tersebut terjadi. Kurang tidur juga dikaitkan dengan peradangan dan gula darah tinggi, yang bisa berdampak buruk bagi jantung Anda.

9.Cari Tahu Apakah Anda Mengalami Sleep Apnea

Apakah Anda mendengkur keras, bangun dengan terengah-engah, atau merasa lelah sepanjang hari setelah istirahat penuh sepanjang malam? Temui dokter Anda. Itu adalah tanda-tanda sleep apnea, suatu kondisi yang bisa membuat Anda lebih mungkin terkena stroke, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung. Dokter Anda dapat membantu Anda mengobatinya, yang akan membantu Anda tidur lebih nyenyak dan melindungi jantung Anda.

10.Berhenti merokok

Merokok meningkatkan tekanan darah, membuat lebih sulit untuk berolahraga, dan membuat darah Anda lebih mungkin menggumpal, yang dapat menyebabkan stroke. Tetapi peluang Anda terkena serangan jantung turun hanya 24 jam setelah rokok terakhir Anda. Jadi temui dokter Anda atau tanyakan kepada kelompok seperti American Heart Association untuk sumber daya yang dapat membantu Anda berhenti.

11.Berhubungan Seks

Anda cenderung tidak menderita penyakit jantung jika berhubungan seks beberapa kali seminggu, dibandingkan dengan sebulan sekali. Ilmuwan tidak tahu persis mengapa seperti itu. Seks itu sendiri dapat membantu melindungi jantung.

12.Pertahankan Berat Badan yang Sehat

Berat badan ekstra meningkatkan peluang Anda terkena kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan diabetes, semuanya terkait dengan penyakit jantung. Namun, jangan mengandalkan diet atau suplemen untuk menurunkan berat badan. Olahraga dan jumlah makanan sehat yang tepat adalah cara terbaik untuk menjaga berat badan yang sehat. Bicaralah dengan dokter Anda tentang cara mengukur indeks massa tubuh (BMI) Anda untuk mengetahui apakah Anda perlu menurunkan berat badan.

13.Dapatkan Suntikan Flu Anda

Penelitian telah menemukan bahwa nampaknya dapat melindungi dari penyakit jantung, terutama jika Anda merokok atau memiliki tekanan darah tinggi, diabetes, atau kolesterol tinggi. Tidak jelas bagaimana caranya, tetapi para ilmuwan memiliki beberapa teori. Bisa jadi flu menyebabkan peradangan yang bisa memicu serangan jantung atau stroke. Atau bahwa efek samping virus membebani jantung.

14.Jangan hanya Duduk

Penyakit jantung lebih mungkin terjadi jika Anda duduk sepanjang hari. Dan ini bukan hanya karena Anda membakar lebih sedikit. Ini dapat mengubah cara tubuh Anda memproses gula dan lemak, yang terkait erat dengan penyakit jantung. Cobalah menyelingi duduk ditempat kerja dengan berdiri dan bergerak sekali dalam sejam.

15.Dapatkan Pemeriksaan Reguler

Dokter Anda dapat melihat apakah tekanan darah dan kadar kolesterol Anda dalam bahaya merusak jantung dan pembuluh darah Anda. Semakin dini Anda menemukan masalah tersebut, semakin cepat Anda dapat mulai mengobatinya. Mereka mungkin ingin menguji diabetes Anda juga. Jika Anda memiliki salah satu dari kondisi ini, dokter Anda dapat menyarankan perubahan gaya hidup dan pengobatan untuk melindungi jantung Anda.***dian

Comments

comments