Mengidap Hipertensi? Perhatikan Anjuran Ini

Ilustrasi hipertensi (Pixabay)

Acuantoday.com – Banyak pemicu seseorang mengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi, tapi sebagian besar penyebabnya adalah genetik.

Nah, mereka yang punya resiko mengalami hipertensi harusnya “sadar”, selektif  mengkonsusmi makanan.

“Kalau sudah tahu punya risiko, hipertensi bisa dicegah dan dikendalikan,” ujar Dokter spesialis penyakit dalam Tunggul D. Situmorang, dalam webinar, Rabu (14/10).

Selain mengurangi konsumsi garam, makanan yang membuat tubuh jadi gemuk dan menimbulkan obesitas seharusnya dihindari. Sebab, kegemukan menimbulkan mengidap hipertensi.

”Konsumsilah makanan-makanan rendah lemak,” kata Tunggul yang juga Ketua Umum Indonesian Society of Hypertension (InaSH) itu, seperti dikutip Antara.

Makanan tinggi lemak dan kalori ditambah gaya hidup tidak sehat memperparah risiko tekanan darah tinggi. Tunggul menegaskan, tindakan pertama yang harus dilakukan orang dengan keturunan hipertensi adalah mengubah gaya hidup jadi lebih sehat.

“Baru setelah itu minum obat,” ujar dia.

Kini orang dengan usia di bawah 40 tahun memiliki kecenderungan untuk mengalami hipertensi pada masa lima tahun ke depan.

Berdasarkan data Perhimpunan Dokter Hipertensi Indonesia, masyarakat dengan usia di rentang 30 hingga 40 tahun memiliki tekanan darah normal-tinggi yang berisiko menjadi hipertensi pada lima tahun ke depan.

Penyakit hipertensi tidak bisa disembuhkan, melainkan hanya bisa dikendalikan.

Tunggul mengingatkan agar penderita hipertensui untuk patuh meminum obat agar tekanan darah terkendali dan tidak menimbulkan gangguan kesehatan lain (Yonata)

 

Comments

comments