Mengusir Bosan dengan Manicure-pedicure di Rumah

Ilustrasi--sumber foto food.ndtv.com

Acuantoday.com— Berbulan-bulan di rumah gara-gara Covid 19, benar-benar membosankan. Meski memang tidak ada larangan keluar rumah, namun Covid membuat kita was-was jika harus berada di luar rumah. Walhasil, mau-tidak mau, lebih aman di rumah saja.

Sebenarnya untuk menyiasati rasa bosan ada banyak caranya. Misalnya, lakukanlah kegiatan yang bisa menyita waktu dan perhatian mu. Contoh, hobi kamu, ataupun kegiatan yang menjadi kebiasaan sebelum pandemic.

Misalnya saja, sebelum pandemic kamu rajin ke salon untuk perawatan wajah, tubuh, manicure-pedicure, creambath, dll. Nah ketika PSBB diberlakukan, semua salon kecantikan dilarang dibuka.

Tak heran memang, karena perawatan salon kecantikan mengharuskan pekerja salon berdekatan, bahkan bersentuhan dengan pelanggannya, entah itu potong rambut, perawatan wajah-tubuh, manicure-padicure, dll.

Lalu apa solusinya? Bagaimana kalau kamu melakukan manicure sendiri di rumah?

Caranya mudah, kok. Ini tips untuk perawatan kuku di rumah yang disarankan hellosehat.

1.Bersihkan kukumu terlebih dahulu. Caranya, rendam sebuah kapas dalam aseton (penghapus kuteks), kemudian gosok perlahan kukumu. Aseton berfungsi membantu membersihkan residu dipermukaan kuku.

2.Buat kuku menjadi rileks dengan cara merendam kuku mu di mangkuk yang berisi air hangat sekitar 5-10 menit. Setelah itu keringkan.

3.Mulailah memotong kukumu sesuai dengan panjang yang diinginkan. Sekadar saran, jangan memotong kuku terlalu pendek atau panjang. Sehingga ketika nanti kuku akan dibentuk, tidak mudah patah.

4.Langkah selanjutnya adalah membentuk kuku. Bentuklah kuku mu dengan nail filer. Alat ini bisa diperoleh di toko kecantikan atau di pasar swalayan.  Bagi kamu yang baru merasakan cara manicure tahap ini, mungkin merasakan kasar dan perih pada bagian kuku. Maka pastikan untuk menggosok atau mengkikir ke arah yang sama. Jangan gosok atau mengikirnya dengan gerakan maju mundur.

5.Pijat jari. Diawali dengan mengoleskan minyak kutikula pada jari. Bisa juga menggunakan minyak zaitun atau jojoba. Berikan setiap kuku atu tetes minyak, setelah itu mulailah memijit perlahan. Ingat ya, jangan menggunting atau membuang kutikula karena kutikula lah yang melindungi kuku mu.

6.Rapikan kutikula. Kamu bisa perlahan dorong masuk kutikula pada kuku. Gunakan bagian rata dari alat pendorong atau pengikir yang ada di gunting kuku. Kamu bisa membeli alat ini di apotik, baik satuan terpisah atau dalam set peralatan manicure di rumah.

7.Setelah itu, jangan lupa beri lotion jari-jarimu. Bersihkan kuku dari minyak dan pelembap sisa yang menempel menggunakan cotton bud secara perlahan.

8.Oleskan base coat polos pada tiap kuku. Hal ini berfungsi untuk membuat kutek yang akan dilapisi kemudian menjadi awet, halus, dan bagus. Biarkan mengering beberapa saat sebelum Anda oleskan kutek warna di atasnya.

9.Langkah selanjutnya adalah mengoleskan kutek dengan warna pilihanmu. Ingat, selalu gunakan kutek dalam tiga sapuan, satu dari bagian tengah dalam menuju ujung kuku, dan satu pada masing-masing sisi. Oleskan lapisan kedua saat lapisan pertama sudah benar-benar kering.

10.Setelah mengoleskan kutek, kamu bisa mengoleskan top coat yang cepat kering pada masing-masing kuku yang akan membuat kutek tahan lama.***dian

 

Comments

comments