Menikmati Eggnog di Musim Hujan

Eggnog--- foto myrecipes.com

Acuantoday.com— Minuman ini mungkin tidak terlalu familiar bagi kebanyakan orang Indonesia, ‘Eggnog’ atau ‘Egg Nog’. Maklum saja, ini memang minuman tradisional masyarakat Eropa, utamanya di saat musim dingin seperti sekarang. Biasanya, pada perayaan Natal atau Tahun Baru, ‘Egg Nog’ menjadi salah satu minuman wajib dihidangkan.

Mengutip Wikipedia, Eggnog  adalah minuman manis dari kuning telur yang dikocok ditambah air dan gula atau susu. Sebagai tambahan bisa gunakan bubuk vanili, pala, atau kayu manis. Minuman ini bisa menjadi minuman beralkohol dengan tambahan rum, brendi, atau wiski.

Orang Jerman membuat eggnog dari bir yang dididihkan, dan menyebutnya biersuppe (sup bir). Sebelum dicampurkan ke dalam bir, kuning telur dikocok dengan susu. Selain ditambah gula, ke dalam minuman ini ditambahkan parutan kulit sitrun dan bubuk kayu manis.

Mau coba bikin sendiri?

Soal resep, jangan khawatir myrecipes.com menyediakannya. “Kalau bisa membuat sendiri untuk apa membeli ‘Eggnog’,” tulis myrecipes dilamannya. “Menambahkan bourbon secara bertahap akan memberi Eggnog klasik yang kita buat sendiri mendapatkan tekstur custardy khasnya, namun ringan. Anda dapat menghilangkan alkoholnya jika menyajikannya kepada anak kecil,” jelas myrecipes.

Karena yang kita gunakan adalah telur mentah maka penting diingat untuk menggunakan telur paling segar dan berkualitas terbaik. Jangan menggunakan telur yang sudah lama berada di lemari es. “Untuk mengurangi risiko salmonella, kami merekomendasikan penggunaan telur cangkang yang telah dipasteurisasi dan didinginkan dengan benar,” tegas myrecipes.

Berikut bahan-bahan yang disiapkan:

12 butir telur

12 ons bourbon

12 sendok makan gula pasir

1 liter krim kental atau kocok

Pala segar

Cara Membuat

Langkah 1

Pisahkan kuning telur dan putih telur menjadi dua mangkuk besar. Dengan sendok kayu, kocok kuning telur. Kemudian, sedikit demi sedikit dan sangat lambat, aduk bourbon ke dalam kuning telur, pastikan bourbon benar-benar tercampur sebelum menambahkan lebih banyak.

Jangan terburu-buru dalam proses ini; itu adalah pencampuran bertahap dalam alkohol yang mengentalkannya dan akan menghasilkan tekstur lembut dan kelembutan terbaik pada Eggnog yang sudah jadi saat selesai. Saat semua bourbon telah tercampur, terus aduk adonan secara perlahan.

Langkah 2

Selanjutnya, kocok putih telur dengan kecepatan tinggi hingga lembut. (Jika Anda menggunakan mixer berdiri, langkah ini dapat dilakukan saat Anda mengaduk bourbon ke dalam adonan kuning telur). Kurangi kecepatan mixer hingga sedang dan tambahkan gula secara bertahap, kemudian tingkatkan kecepatan menjadi tinggi hingga putih telur kaku.

Langkah 3

Lipat seperempat putih telur kocok ke dalam campuran telur bourbon hingga tercampur. Kemudian lipat menjadi setengah dari sisa putih telur yang sudah dikocok, lalu lipat sisanya dengan lembut. Anda ingin putih telur yang sudah dikocok dicampur dengan campuran bourbon-telur, tetapi juga untuk mempertahankan kelembutan meringue yang lembut.

Langkah 4

Kocok krim kental sampai bentuk puncak; jangan berlebihan.

Langkah 5

Segera sendokkan eggnog ke dalam gelas atau piala perak, dan taburi dengan sesendok besar krim kocok. Parut pala segar di atas krim dan sajikan dengan sendok.***dian

Comments

comments