Menkes BG Benarkan Pernyataan Terawan Soal Covid Bisa Sembuh Sendiri

Menkes Budi Gunadi Sadikin (Foto: Biro Pers Setpres)

Acuantoday.com— Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sepakat dengan pernyataan Terawan Agus Putranto bahwa penderita Covid 19 dapat sembuh dengan sendirinya.

“Studi empiris menunjukkan 80 persen yang kena akan sembuh sendiri kok. Sebanyak 20 persen yang mungkin masuk RS, 5 persen masuk ICU, dan yang meninggal di dunia sekarang sudah 1 persenan. Lebih rendah dari TBC dan penyakit-penyakit lainnya,” ujar Menkes Budi dalam sebuah diskusi virtual beberapa waktu lalu.

Apa yang dinyatakan Budi ini pernah disampaikan Terawan Agus Putranto saat menjabat Menkes. Kala itu, persisnya di awal pandemi,  Terawan menyatakan, virus Corona merupakan jenis penyakit self limited disease atau penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya.  Namun begitu ia mengingatkan, penyakit jenis self limited disease bisa sembuh sendiri jika tubuh seseorang memiliki imunitas yang baik.

Menkes Budi menambahkan, SARS-CoV-2 penyebab virus Corona tidak lah sefatal dan semematikan virus jenis lainnya seperti Ebola, MERS. Namun, virus itu (SARS-CoV-2) penularannya lebih cepat.

“Virus SARS-CoV-2 ini hanya hidup sekitar 14 hari, dan tidak semematikan, sefatal virus-virus lain seperti ebola, MERS, itu lebih fatal. Cuma mereka sangat menular, terutama hari pertama sampai kelima,  5-10 hari pun masih menular. Jadi kalau kita bisa identifikasi siapa orang yang terkena, karena tujuannya mengurangi laju penularan kita harus cepat isolasi,” paparnya.

Kondisi Covid 19 saat ini, lanjutnya, tidak terlalu fatal selama bisa dipastikan orang yang positif segera diisolasi dan tak menularkan ke orang lain. Serta, tidak membebani pelayanan di fasilitas kesehatan, yang harus menambah kapasitas tempat tidur apabila terjadi peningkatan pasien.

“Makanya kita harus bisa mengurangi laju penularan dengan memperbaiki protokol kesehatan, dan meningkatkan kemampuan mendeteksi dan isolasi,” tandasnya.***dian

Comments

comments