Menkes Budi Dukung Pengembangan Vaksin Nusantara

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin saat raper kerja dengan Komisi IX DPR RI di Ruang Rapat Komisi IX DPR, Kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (17/3/2021). (Foto : Biro Pemberitaan DPR RI)

Acuantoday.com, Jakarta- Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin meminta publik bersabar atas kehadiran vaksin Nusantara bisa secepatnya digunakan mengatasi pandemi Covid-19.

“Jadi, mengenai vaksin Nusantara ya, kita tahu bahwa vaksin ini masih dalam proses pengembangan,” kata Menkes Budi Gunadi di Jakarta, Rabu (17/3/2021).

Selain menunggu hasil uji klinisnya, Menkes Budi mengatakan Kementerian Kesehatan juga mempelajari tentang Vaksin Nusantara yang diklaim oleh penemunya sebagai vaksin yang cukup sekali untuk seumur hidup, yaitu dengan metode pengambilan darah dari calon orang yang divaksin.

“Vaksin Nusantara itu satu orang, satu vaksin. Tiap orang yang mau vaksin diambil dulu darahnya. Itu kan hanya untuk terapi. Untuk pengobatan. Jadi, namanya vaksin terapi. Tapi tetap kita dukunglah,” pungkasnya.

Soal ramainya pembahasan Vaksin Nusantara yang digawangi eks Menteri Terawan Agus Putranto, Menkes Budi mengatakan ada prosedur serta tahapan yang harus dilalui untuk memastikan vaksin Nusantara bisa digunakan.

Vaksin Nusantara, jelas Budi, dalam pandangan Kementerian Kesehatan statusnya sama seperti vaksin Merah Putih, yaitu belum masuk daftar vaksin yang siap digunakan mengingat tahapan uji klinisnya yang belum selesai.

“Tentunya, vaksin yang akan kami gunakan kalau dilihat di Permenkes 9860/2020, vaksin Merah Putih juga belum masuk dalam Permenkes tersebut,” ujarnya.(Mmu)

Comments

comments