Menkes Budi Pastikan Vaksin Meraputih Selesai 2022

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin usai rapat kerja bersama Komisi Ix DPR RI.(Foto: Rahmat/ Acuantoday.com)

Acuantoday.com, Jakarta- Menteri Kesehatam Budi Gunadi Sadikin pastikan produksi vaksin Meraputih yang dikembangkan oleh anak negeri selesai pertengahan tahun 2022 besok.

“Vaksin Meraputih informasi tadi saya share di dalam, bahwa paling cepat bibit vaksinnya tahap pertama selesai kwartal satu, paling cepat,” kata Menkes Budi kepada wartawan usai rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI, Rabu (13/1).

Dikatakan Menkes Budi, bibit vaksin Merahputih melalui tahapan pembersihan lebih awal karena asalnya dari hewan, hingga proses pembersihan itu memakan waktu paling lambat enam bulan dan paling cepat tiga bulan.

“Bibit vaksin ini harus di karakterisasi atau dibersihkan karena asalnya dari hewan. Jadi dibersihkan dari komponen komponen protein lainnya, itu butuh paling cepat tiga bulan, biasanya enam bulan,” ujarnya.

Dijelaskan mantan Bankir ini, sebelum vaksin Meraputih diproduksi, akan melewati tiga tahapan uji klinis dan diprediksi selesai pada pertengahan tahun 2022.

“Jadi kita ambil paling cepat itu kwartal II 2021, sesudah itu mereka harus melakukan uji klinis satu, uji klinis dua dan uji klinis tiga paling cepat masing-masing tiga bulan, tambah lagi sembilan bulan dari bulan Juni, jadi paling cepat mereka selesai uji klinis III di awal kwartal II di 2022. Kemudian disana proses produksi, ijin dari BPOM , felling saya mungkin second helf 2022, supaya pemahaman sama,” jelasnya.

“Ketika kita ditanya preferensi kita vaksin Meraputih, kenapa ngapain kita beli dari luar. Kenapa sekarang kita beli dari luar, karena kita harus mengadakan vaksin ini secepatnya,” pungkasnya. (rht)

Comments

comments