Menkes Dorong Kemandirian Obat Dalam Negeri

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam kunjungannya ke PT Kimia Farma Sungwun Pharmacopia (KFSP), Kamis (10/9)/Foto: IG @kimafarmacare

Acuantoday.com, Jakarta – Pemerintah mendorong industri farmasi untuk meningkatkan mutu produk menuju kemandirian farmasi nasional.

Percepatan program pemerintah itu, di antaranya dapat dilakukan dengan menghasilkan produk farmasi yang sudah tersertifikasi secara mutu, dalam hal ini sertifikat good manufacturing practices (GMP).

Untuk itu, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dalam kunjungannya ke PT Kimia Farma Sungwun Pharmacopia (KFSP), Kamis (10/9) lalu, meminta agar bahan baku produksi farmasi dari perusahaan itu mampu menghasilkan produk bersertifikat GMP.

Dengan begitu, harapan Menkes, dapat diserap oleh industri farmasi obat jadi di dalam negeri. Dan, lebih jauh dari itu dapat menurunkan imbor bahan baku obat hingga 20 persen.

Dalam kunjungan itu, Menkes disambut oleh Komisaris Utama PT Kimia Farma Tbk, Direktur Utama PT Kimia Farma Tbk, Direktur Utama PT Phapros Tbk, dan Direktur Utama KFSP.

Kunjungan kerja dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. (adi)

Comments

comments