Menkes Inggris: Vaksin COVID-19 AstraZeneca Aman

Doreen Vickers, 83 tahun, menunggu saat seorang tenaga kesehatan mengisi jarum suntik dengan dosis vaksis Oxford/AstraZeneca COVID-19 di Appleton Village Pharmacy, di tengah penyebaran penyakit virus korona (COVID-19), di Widnes, Inggris, Kamis (14/1).Foto:Reuters/ Jason Cairnduff

Acuantoday.com, London – Menteri Kesehatan Inggris, Matt Hancock, mengatakan vaksin COVID-19 AstraZeneca masih aman dan mendesak masyarakat agar bersedia divaksin.

“Kami menyadari bahwa vaksin (COVID-19) yang dikembangkan oleh Universitas Oxford dan AstraZeneca sedang menyelamatkan nyawa di Inggris Raya saat ini. Jadi, begitu Anda mendapat undangan, divaksinlah,” kata Hancock, Selasa (16/3).

Belasan negara Eropa lainnya telah menangguhkan penggunaan vaksin COVID-19 AstraZeneca pekan ini lantaran kekhawatiran risiko peningkatan pengentalan darah.

AstraZeneca pada Minggu (14/3) mengatakan bahwa tinjauan data keamanan dari penerima vaksin COVID-19 buatannya menunjukkan tidak adanya bukti peningkatan risiko pengentalan darah.

Tinjauan AstraZeneca, yang mencakup lebih dari 17 juta penerima vaksin di Inggris Raya dan Uni Eropa, berlangsung setelah otoritas kesehatan di sejumlah negara menghentikan penggunaan vaksin buatannya atas kasus pengentalan darah. (Bram/Antara)

Comments

comments