Menkes Serahkan Mobil  Laboratorium PCR untuk Masyarakat Sulut

Menteri Kesehatan , Terawan Agus Putranto menyerahkan bantuan mobil laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, diterima oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, di halaman Bandara Sam Ratulangi, Selasa (25/8/2020).

Acuantoday.com, Manado – Menteri Kesehatan,Terawan Agus Putranto, menyerahkan bantuan mobil laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) Penanganan Covid-19 kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara,di halaman Bandara Sam Ratulangi, Selasa (25/8/2020).

Mobil PCR diterima oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey selaku Ketua  Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulut.

Saat menyerahkan mobil, Menteri Terawan antara lain didampingi  Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Sulut, Debby Kalalo dan  Kapolda Sulut Irjen Pol. Royke Lumowa .’

Utara Olly Dondokambey mengatakan atas nama masyarakat Sulawesi Utara, ia mengucapkan rasa terima kasih atas perhatian dan kepedulian pemerintah pusat terhadap maayarakat di Sulawesi Utara.

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto dan rombongan tiba di Bandara Sam Ratulangi, Manado, Selasa (25/8/2020).

“Ini sebagai bentuk perhatian dari pemerintah pusat bagi Sulawesi Utara yang sangat besar,” kata Olly.

Olly meyakini dengan bantuan mobil PCR Penanganan Covid-19 ini maka penyebaran Covid-19 di wilayahnya akan semakin diminalisir. Sebab, daerah-daerah yang dicurigai sebagai area penyebaran baru pandemi virus corona dapat lebih dahulu terdeteksi untuk segera diambil tindakan penanganannya.

“Kita bisa melihat secara langsung hari ini kita dapat bantuan mobil laboratorium  PCR untuk penanganan  Covid-19 di Sulawesi Utara yang tentunya ke depan. Kita akan dapati secara langsung  setiap kabupaten kota apabila ada daerah-daerah yang dianggap mencurigakan dari penyebaran Covid-19,” tegas Olly.

Mobil laboratorium PCR pemberian Kemenkes memiliki Bio Safety Cabinet untuk pengerjaan sampel serta ruangan dengan negative pressure yang difiltrasi menggunakan HEPA filter serta fasilitas pengaman lainnya untuk meminimalisir terpaparnya tenaga medis serta lepasnya virus ke lingkungan yang sesuai dengan rekomendasi Badan Kesehatan Dunia (WHO). (Har)

Comments

comments