Menkeu Sebut Ekonomi Domestik Mulai Membaik, Ini Indikatornya

Ilustrasi-Keranjang belanja dengan berbagai macam produk./Foto: Acuantoday.com (Ahmadi Supriyanto)

Acuantoday.com, Jakarta―Berbagai stimulus fiskal pemerintah, serta membaiknya kinerja ekspor telah mendorong membaiknya perekonomian domestik.

Selain itu, belanja pemerintah pada triwulan ketiga meningkat sangat signifikan terutama untuk bantuan sosial dan dukungan kepada usaha terutama UMKM, menjadi sinyal ekonomi menuju perbaikan.

“Langkah-langkah yang dilakukan oleh pemerintah terutama melalui instrumen APBN tersebut bertujuan untuk bisa mengurangi kontraksi yang dalam pada konsumsi rumah tangga,” kata Menkeu, dalam keterangannya, awal pekan ini.

Lebih lanjut, Menkeu mengatakan, kinerja ekspor menunjukkan perbaikan terutama pada beberapa komoditas seperti besi dan baja, pulp dan waste paper, serta tekstil dan produk tekstil (TPT) yang ditopang dengan berlanjutnya permintaan global terutama yang berasal dari Amerika Serikat dan Tiongkok.

Meskipun investasi masih terlihat dalam tekanan, menurut Sri Mulyani, beberapa sektor sudah mulai menunjukkan perbaikan seperti sektor bangunan seiring dengan berlanjutnya berbagai proyek-proyek strategis nasional yang mulai dilaksanakan kembali.

“Pemulihan ekonomi didukung oleh stabilitas dari sisi makroekonomi yang dijaga secara baik dan bersama,” katanya.

Untuk itu, menurut dia, Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) akan terus mendukung proses pemulihan ekonomi yang sudah mulai berjalan dengan memobilisasi seluruh instrumen kebijakan dan aspek regulasinya.

“Koordinasi kebijakan dari anggota KSSK akan diarahkan untuk mendorong pertumbuhan kredit perbankan baik dari sisi penawaran maupun dari sisi permintaan dengan tetap terus menjaga stabilitas sistem keuangan,” jelas Menkeu. (ahm)

Comments

comments