Menko PMK Muhadjir Effendy Ditunjuk Plt Mensos Gantikan Juliari

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. (Foto : Rahmat/Acuantoday.com)

Acuantoday.com, Bogor- Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari P Batubara yang jadi tersangka kasus korupsi dana bantuan sosial (bansos) penanganan COVID-19.

“Untuk sementara saya akan menujuk Menko PMK untuk jalankan tugas Mensos,” kata Presiden Jokowi dalam siaran pers di Istana Kepresiden Bogor, Minggu (6/12).

Presiden menyampaikan setiap menteri di kabinetnya sudah diperingati agar tak melakukan korupsi sedari awal diambil sumpahnya. Pun soal peringatan hati-hati dalam mengelolah dana penanganan COVID-19.

“Itu uang rakyat, apalagi ini terkait dengan bansos, bantuan sosial dalam rangka penanganan covid dan pemulihan ekonomi nasional. Bansos itu sangat dibutuhkan untuk rakyat,” tegas Presiden Jokowi merespons perbuatan korupsi mantan Mensos Juliari Batubara.

Kepala Negara memastikan tidak akan melindungi siapa pun yang terlibat laku korupsi. Hal ini sebagai bentuk janji pemerintah yang ingin memberantas tindak korupsi.

“Saya tidak akan melindungi yang terlibat korupsi dan kita semuanya percaya KPK bekerja secara transparan, secara terbuka, bekerja secara baik, profesional,” tutur Presiden.

Sebelumnya, KPK pada Minggu (6/12) dini hari menangkap mantan Mensos Juliari karena diduga menerima uang korupsi bansos sebesar Rp17 miliar. Duit itu merupakan suap dari rekanan penyalur bansos, yang ditunjuk langsung oleh Juliari.

Kongkalikong antara korporasi yang ditunjuk dan Juliari menyepakati penyutanan Rp10 ribu dari setiap paket bansos senilai Rp300 ribu. Hasilnya, Juliari mendapat pembagian hasil korupsi itu sebanyak dua kali. Pertama Rp8,2 miliar dan berikutnya Rp8,8 miliar dari korupsi dana bansos periode Oktober-Desember 2020. (rwo)

Comments

comments