Menpora Paham Keinginan PSSI Segera Gulirkan Liga Indonesia

- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali/Foto:Antara

 Acuantoday.com, Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, mengatakan, untuk mendapatkan hasil maksimal di Piala Dunia U-20, para pemainTimnas U-19 harus ditempa dalam komptesi, sepulang mereka menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia.

Para pemain muda, tambah Menpora, harus merasakan atmosfer pertandingan yang ketat.

“Harusnya mereka dapat atmosfer di dalam kompetisi, dengan mereka ikut kompetisi, pelatih bisa melihat seberapa besar penampilan anak-anak, apakah program yang ia berikan bisa jalan di klub,” katanya dalam diskusi virtual, seperti dikutip Antara, Selasa (27/10).

Karenanya, Menpora mafhum jika PSSI ngotot ingin kompetisi Liga Indonesia kembali digulirkan.

“Untuk piala dunia saya kira ini kesempatan luar biasa belum tentu 20 tahun lagi kita bisa jadi tuan rumah. Nah untuk itu kompetisi harus jalan, kalau kompetisi tidak ada tentu program itu harus berubah lagi,” ujar Zainudin

Piala Dunia U-20, menurut Zainudin Amali, merupakan panggung besar bagi para pemain muda. Jika mereka bisa menampilkan permainan terbaiknya, bukan tidak mungkin para pemandu bakat yang datang ke Indonesia bakal kepincut untuk mengorbitkannya di luar negeri.

“Kita gunakan kesempatan sebaik-baiknya, yang akan nonton bukan hanya kita tapi seluruh dunia termasuk pemandu bakat klub-klub akan menyaksikan. Ini kesempatan untuk meningkatkan performance agar mimpinya bermain di klub elit luar negeri bisa kesampaian,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan khawatir ketiadaan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Indonesia membuat performa pemain tim nasional Indonesia U-19 menurun setelah menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia.

“Untuk mencapai prestasi di Piala Dunia, ditargetkan lolos ke babak penyisihan, perlu untuk kembali menggulirkan kompetisi,” ujarnya. (Dina)

Comments

comments