Menteri Baru Jokowi Diminta Ambil Pelajaran Kesalahan Menteri Sebelumnya

Pelantikan enam menteri baru dan lima orang Wakil Menteri serta Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12).(Foto : Biro Pemberitaan Serkretariat Negara)

Acuantoday.com, Jakarta- Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Irwan menduga, jabatan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang dikasih ke Sandiaga Uno sebagai balas jasa setelah menjadi tim sukses Bobby Nasution di Pilkada Kota Medan dan Gibran RakabumingRaka di Kota Solo.

“Kemungkinan kompensasi politik atas jasa Sandiaga Uno memenangkan anak dan menantu Presiden pada Pilkada 2020 yang baru saja selesai,” kata Irwan kepada wartawan, Kamis (24/12).

Selain jasa menjadi tim sukses, politisi Partai Demokrat ini melanjutkan, jika penunjukan Sandiaga Uno menggantikan Wishnutama Kusubandio tidak lepas dari dukungan publik kepada dirinya bersama Prabowo Subianto di Pilpres 2019, yang kemudian dijadikan sebagai alat bargaining politik saat ini.

“Terkait pilihan terhadap Sandiaga Uno makin menguatkan praduga publik bahwa dukungan rakyat terhadap Prabowo-Sandi saat pilpres lalu telah dijadikan alat bargaining politik masuk dalam kabinet,” jelasnya.

Meski begitu, Irwan berharap enam Menteri yang baru dilantik oleh Presiden Joko Widodo ini tidak melakukan kesalahan sebagaimana dilakukan oleh Menteri-Menteri sebelumnya.

“Belajar dari kesalahan-kesalahan sebelumnya dan memberi semangat baru dalam Kabinet Indonesia Maju,” ujarnya.

Diketahui, Sandiaga Uno bersama Prabowo Subianto yang di Pilpres 2019 menjadi lawan tangguh Joko Widodo dan Ma’ruf Amin. Komisi Pemilihan Umum (KPU) memutuskan Jokowi-Ma’ruf Amin sebagai pemenang dengan perolehan suara 55,50 persen. Sementara Prabowo-Sandiaga Uno mendapatkan 44,50 persen suara. (rht)

Comments

comments