Menteri Terawan Ingin Poltekkes Manado Berubah Menjadi  Institut

Menteri Kesehatan , Terawan Agus Putranto menyampikan pidato sambutan saat berkunjung ke Poltekes manado, Selasa, 25 Agustus 2020./foto:hardiyanto

Acuantoday.com, manado —  Menteri Kesehatan , Terawan Agus Putranto, mengusulkan agar Politeknik Kesehatan (Poltekkes)  Manado statusnya ditingkakan menjadi  institut. Menurutnya, saat ini pasar membutuhkan sarjana kesehatan sehingga perubahan  status itu menjadi keharusan.

“Tolong sekali lagi sikapi untuk menjadi sebuah institute. Ini merupakan keinginan pasar. Sebab semuanya harus menjadi S1. Keperawatan pun harus S1. Seperti di Abu Dhabi ada permintaan juga menyangkut keperawatan S1,” kata Terawan  dalam sambutannya saat berkunjung ke Poltekkes Kemenkes Manado, Selasa , 5 Agstus 2020.

Menteri Terawan  antara lain didampingi oleh pelaksana tugas Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes ,Abdul Kadir, Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Sulut, Debbie Kalalo, serta Staf Khusus Menteri Kesehatan Bidang Pembangunan dan Pembiayaan Kesehatan,  Alexander K Ginting S.

Menkes menegaskan, perubahan Poltekkes menjadi institut merupakan sebuah keharusan. “Kalau tidak maka tidak berkembang. Supaya lulusan S1 nya menjadi kuat. Kalau lulusan S1 nya sudah kuat maka tidak usah takut kelebihan lulusan. Kalau kelebihan, ya.. tinggal diekspor,” kelakarnya.

Ia minta  lembaga pendidikan kesehatan di bawah Kemenkes tidak  kawatir  perubahan status tersebut akan menyebabkan kelebihan lulusan tenaga medis.

“Kalau kelebihan ekspor, itu bagus. Kita mengekspor tenaga kerja yang betul-betul baik, berstandar baik dan diakui dunia,” ujarnya.

Ia pun  meyakinkan bahwa proses perubahan dari Poltekkes menjadi  institute  tidak  lama dan tidak sulit.

“Karena yang  penting etosnya. Kemudian buat schedul. Kira-kira bulan ini apa, bulan depan apa sehingga tahun berapa mau dijadiman sebuah institute,” tambah Terawan.

Sementara itu Direktur Poltekkes Kemenkes Manado, Elisabeth Natalia Barung, mengatakan  lembaga yang dipimpinya berdiri pada Mei 2019, telah meluluskan tenaga medis profesional dan handal.

Di Poltekkes Manado kini terdapat tujuh jurusan antara lain keperawahan, kebidanan, kesehatan gizi, kesehahan lingkungan, imnormasi dan teknologi laboratorium.

“Kami harus rnenghasilkan SDM unggul untuk Indonesia Sehat,” ujar Elisabeth. (Hardiyanto)

 

 

 

 

Comments

comments