Menurutmu, Ini Bunga atau Kembang Gula?

Kembang gula karya Luciana Gonzales---foto instagram luciana

Acuantoday.com— Kembang gula ultra realis karya Luciana Gonzalez sungguh luar biasa. Mirip sekali dengan kembang asli. Detail-detailnya hingga bagian terkecil, membuat banyak orang terkecoh mengira bunga-bunga indah itu adalah sungguhan. Tak mengira kalau bunga itu adalah kembang gula yang bisa dikonsumsi.

Luciana Gonzales, insinyur bangunan yang banting stir menjadi ahli kembang gula –foto instagram luciana

Orang mengira penciptanya adalah master kembang gula. Siapa nyana kalau Luciana Gonzalez, penciptanya, belum lama menekuni kreasi kembang gula. Mengutip odditycentral, aslinya wanita asal Brasil ini adalah seorang insinyur bangunan. Dia tidak pernah menghabiskan waktunya di dapur seperti kebanyakan wanita, dia juga dikabarkan tak pernah membuat kue. Profesinya sebagai insinyur sipil konstruksi bangunan sungguh berbeda  dengan apa yang dia tekuni sekarang.

Karenanya, Luciana sungguh sosok yang unik. Insinyur bangunan, ‘tak pernah’ ke dapur, tak pernah bikin kue, tiba-tiba ‘meledak’ dengan karya kembang gula yang spektakuler.

Ia memutuskan keluar dari pekerjaan lamanya  tiga tahun lalu karena stress, kemudian banting stir menekuni kreasi kembang gula. Tapi sebelum itu ia sekolah gastronomi di Senac Campos do Jordão,  tepat di depan rumahnya. Dia memutuskan untuk mencobanya, meskipun dia sama sekali tidak memiliki pengalaman memasak.

“Saya memulai gastronomi secara kebetulan,” kata Luciana kepada Sabor Vida. “Saya adalah seorang insinyur sipil otonom dan bekerja di bawah tekanan harian konstruksi sipil selama 5 tahun, sampai saya jatuh sakit. Saya terbaring di tempat tidur selama tiga bulan tanpa diagnosis yang tepat dan di bawah observasi selama beberapa waktu di ICU. Aku hampir mati. Saya selalu menyukai profesi saya, namun saya tidak bisa hidup dalam stres itu lagi. ”

Luciana menggambarkan waktunya di sekolah gastronomi sebagai suasana yang membuat orang ingin berada di sana dan belajar. Meskipun tidak memiliki pengalaman memasak, dia segera menyadari bahwa dia ingin spesialisai, dan dia pun  memilih belajar kembang gula artistik. Kursus inilah yang membantunya menciptakan bunga-bunga kembang gula yang sangat mirip aslinya.

Menariknya, latar belakang teknik Gonzalez banyak membantunya dalam karier barunya. Dia menyadari bahwa prinsip-prinsip seperti termodinamika dapat diterapkan sepenuhnya di dapur, dan ini membantunya memahami mengapa bahan-bahan tertentu bekerja dalam resep tertentu, serta lebih baik dalam beberapa resep.

“Saya mengerti mengapa resep berhasil atau mengapa tidak,” kata Luciana. “Saat dibutuhkan, saya bisa mengganti satu bahan dengan yang lain tanpa mengubah resep. Saya bahkan mengembangkan adaptasi pasta tanah liat Korea, dengan bahan dasar tepung beras, yang membuat kembang gula lebih fleksibel, tanpa meleleh. Saya selalu mencari solusi. ”

Tahun lalu, Luciana Gonzalez menjadi ahli gastrologi Brasil pertama yang berdiri di Cake International, salah satu kongres kembang gula yang paling dikenal dan didambakan di seluruh dunia. Itu adalah kesempatan untuk memamerkan bunga gula yang sangat realistis dan itu merupakan pengakuan atas bakat dan kerja kerasnya.***dian

 

Comments

comments