Menyimpan Daging agar Awet, Ini Caranya!

Ilustrasi menyimpan daging--sumber foto hellosehat

Acuantoday.com— Biasanya ketika kita membeli daging, entah itu daging sapi, ayam, atau ikan, kita akan langsung mencucinya terlebih dahulu kemudian ditiriskan, lalu masuk ke kulkas untu disimpan jika memang tidak ingin segera menggunakannya.

Persoalannya, saat meniriskan, kita terkadang lupa dan membiarkan daging (sapi, ayam atau ikan) di dalam suhu ruangan lebih dari 72 jam. Pakar makanan menyebut hal tersebut tidak baik. Karena akan membiarkan bakteri berkembang, bahkan jika kita hanya membiarkannya selama 20-30 menit.

Hal itu juga dibenarkan oleh Chef Priscilya. “Jangan biarin protein (daging ayam, sapi, ikan) di suhu ruangan lebih dari 2 jam karena bakteri itu berkembang jadi jutaan setiap 20-30 menit,” ucapnya sembari menambahkan memasak ayam atau ungags harus sampai matang (165 drajat F), itu untuk membunuh bakteri salmonella.

Juga sarannya agar selalu menyimpan protein pada suhu 41’F atau 5 derajat Celcius untuk memperlambat pertumbuhan bakteri. “Apabila protein yang sudah frozen/membeku cara thawing/melelehkannya bisa dengan 3 cara yaitu masukkan ke microwave atau bisa taruh di air dingin yang mengalir atau masukkan kulkas biasa selama suhunya dibawah 5derajat celcius. Dan harus langsung dimasak tidak boleh di bekukan lagi,” tambahnya.***dian

 

 

Comments

comments