Merapi Masuk Fase Erupsi, Ganjar Minta BPBD Pastikan Kondisi Pengungsian

Arsip: Aktivitas figuran Gunung Merapi pada dini hari./Foto: Instagram BPPTKG (alvin)

Acuantoday.com, Semarang―Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di daerah yang mengelilingi Gunung Merapi untuk memastikan kondisi pengungsi dan tempat pengungsiannya. 

Hal ini terkait dengan meningkatnya aktivitas Gunung Merapi yang memasuki fase erupsi 2021.

Sebagaimana diketahui, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan Gunung Merapi mulai memasuki fase erupsi 2021.

“Dari satelit juga menginformasikan gundukan yang diduga itu adalah material baru,” papar Hanik dalam jumpa pers virtual, pada Selasa (5/1).

Menurut Ganjar, di tengah situasi seperti ini, kondisi pengungsi dan tempat pengungsian harus diperhatikan terlebih dahulu supaya keselamatan masyarakat dikedepankan. 

“(Instruksinya) sama, karena mereka sudah terlatih sudah tahu, ikuti seluruhnya perintah dari BPBD,” tandas Ganjar usai acara podcast dengan Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jateng II, di Ruang Rapat Kantor Pemprov Jateng, Rabu (6/1).

Orang nomor satu di Jawa Tengah mengatakan, setiap hari ia mendapat laporan terkait aktivitas Merapi dan menghimbau kepada BPBD supaya mengambil data sains dari vulkanologis terkait perkembangan aktivitas Gunung Merapi untuk kemudian disampaikan ke masyarakat yang terdampak aktifitasnya. 

“Kebetulan saya dilaporin setiap hari, dapat report terus oleh kawan-kawan dan sampai hari ini masih terkendali dan di tempat-tempat pengungsian selalu standby terus,” beber Ganjar. 

Terkait kondisi pengungsian, Ganjar mengatakan, hari ini pihaknya meminta agar pengelola tempat untuk memastikan kondisi para pengungsi dijaga dengan baik dan mengedepankan protokol kesehatan mengingat masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Sekarang saya minta untuk dipastikan di area yang berbahaya itu pastikan mereka semua sudah mengungsi dan saya minta untuk ngecek,” tegas Ganjar. (alvin)

Comments

comments