Merasa Didiskriminasi, Jumhur Hidayat Ingin Hadir Langsung di Pengadilan

Kuasa Hukum mantan kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) M Jumhur Hidayat, Oky Wiratama. (Foto: Acuantoday.com/ali)

Acuantoday.com, Jakarta- Mantan kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), M Jumhur Hidayat ingin diadili di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan secara langsung, bukan daring.

Keinginan Jumhur tersebut disampaikan anggota Tim Advokasi untuk Demokrasi (TAUD), Oky Wiratama. Alasannya, tim kuasa hukum juga bersidang langsung bersama hakim dan jaksa penuntut umum di pengadilan, jadi terdakwa harusnya bisa dihadirkan di dunia nyata.

“Sampai saat ini Jumhur masih ditahan di Bareskrim dan sidangnya selalu online. Kami ingin dihadirkan secara langsung,” kata Oky dalam keterangan tertulisnya, Minggu (21/2/2021).

Advokat dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta itu menjelaskan, pihaknya mempunyai alasan yang kuat meminta hakim menghadirkan M Jumhur Hidayat secara langsung ke muka sidang, salah satunya terbukti di PN Jakarta Selatan ada sidang langsung walau tetap memperhatikan protokol kesehatan.

”Kan kami sidang pidana di PN Jaksel dengan hakim yang sama itu ada sidang langsung. Harusnya bisa offline. Ini ada diskriminasi,” ujarnya. (Mmu)

Comments

comments