Meriahkan Imlek dengan ‘Prosperity Dumpling’, Ini Resepnya

Prosperity Dumpling resep Chef Vindex. (Foto : instagram Chef Vindex)

Acuantoday.com— Perayaan Imlek 2021 atau berdasarkan penanggalan Cina 2572 sebentar lagi, persisnya Jumat 12 Februari mendatang. Namun karena situasi masih pandemic Covid 19, pastilah perayaan akan berlangsung tidak seperti biasanya.

Seperti kita juga tahu bahwa selain ritual, yang juga menarik dalam merayakan Imlek adalah soal makanan khas. Bukan hanya kue keranjang, tapi ada macam-macam makanan khas Imlek yang tersedia di meja makan mereka yang merayakan.

Nah terkait dengan makanan, Chef Vindex Tengker mengusulkan satu menu untuk meramaikan Imlek tahun ini, yaitu ‘Prosperity Dumpling’.

“Hari ini saya akan share menu Prosperity Dumpling. Dumpling sendiri adalah makanan khas Imlek yg memiliki arti kesejahteraan atau prosperity. Dengan menikmati dumpling saat Imlek, kita berharap penuh agar senantiasa dilimpahkan kesejahteraan pada tahun yang akan datang,” tulis Chef Vindex di akun Instagramnya.

Bagi yang penasaran cara membuatnya, dapat mengunjungi Instagram Chef Vindex yang sedang mendemokan cara membuat Prosperity Dumpling
Berikut Resepnya untuk 14 buah dumplings

Bahan dumplings:

200g Udang ukuran sedang, cincang
100g ayam cincang
100g sawi putih, iris halus
2 batang daun bawang, iris halus
1 buah wortel, potong dadu kecil
50g Jamur, kuping, iris
2 sdm tapioca
1 siung bawang putih, cincang halus
1/2 sdt merica putih
1 sdt kecap asin
1 sdt saus tiram
1/4 sdt minyak wijen
1 ruas jahe, parut
1/2 sdt garam
1 pack wonton skin/kulit pangsit bulat
Saus Cabe kering:
150ml minyak sayur/kacang
2 iris jahe
2 star anise
3 cm kayu manis
15g cabe kering cincang
1 sdt garam

Cara Membuat:

1.Campur semua bahan dumpling jadi satu. Koreksi rasa.
2.Ambil 1 sdm adonan dan letakan di atas kulit wonton. Beri air di sisinya lalu buat lipatan setengah lingkaran, kemudian lipat bagian ujung menjadi satu ke bawah membentuk koin Cina.
3.Lakukan hingga semua adonan habis. Kukus disteamer dengan api panas selama 10-12 menit (beri kain lap dipenutup steamer untuk menghindari uap air jatuh ke dumplings). Semprot dengan air sebelum steamer ditutup, agar tidak kering.
4.Untuk saus cabe kering: panaskan minyak dengan jahe, star anise dan kayu manis sampai minyak mendidih. Kecilkan api dan masak selama 2 menit lalu angkat dari api.
5.Siram di dalam mangkuk yang sudah diisi dengan cabe kering cincang, beri garam, aduk rata lalu sisihkan dan biarkan dingin di suhu ruangan.
6.Siram di atas dumpling dan diberi hiasan daun bawang iris atau sajikan saus cabe keringnya terpisah.***dian

Comments

comments