MPR Minta Pemerintah Lakukan Tes Masif Covid Usai Libur Panjang

Dokumentasi - Seorang warga menjalani tes penyakit virus corona (COVID-19) di sebuah klinik darurat di Seoul, Korea Selatan (26/8)/Foto:Antara/Reuter/Kim Hong-Ji

Acuantoday.com, Jakarta―Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta agar pemerintah pusat maupun daerah serta Satgas Penanganan Covid-19 untuk melakukan langkah masif uji tes Covid-19, maupun pelacakan.

“Khususnya di wilayah Jawa Barat dan DKI Jakarta, agar didapat angka pasti kenaikan kasus baru Covid-19, Sebab dua wilayah tersebut memiliki mobilitas penduduk yang paling tinggi,” kata Bambang di Jakarta, Selasa (3/11).

Pernyataan ini disampaikan Bambang terkait libur panjang dan cuti bersama pekan lalu.

Bambang khawatir pergerakan manusia semasa libur, ada pergerakani satu tempat menuju tempat wisata yang sama, sehingga menimbulkan kerumunan orang yang dapat menjadi kluster baru penyebaran Covid-19.

“Ini untuk menyiapkan fasilitas kesehatan yang memadai untuk menunjang penanganan pasien baru Covid-19, mengingat peningkatan jumlah kasus baru bisa diketahui setelah dua pekan kedepan atau setelah masa inkubasi virus Covid-19,” ucapnya.

Politisi Partai Golkar ini berharap masyarakat terus meningkatkan kesadaran terhadap bahaya Covid-19, dan mematuhi protokol kesehatan.

Selain itu, masyarakat yang hendak melakukan kegiatan seperti berlibur di luar kota, ataupun bekerja di kantor dan rutinitas yang mengharuskan bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang.

“Disarankan agar dapat menggunakan alat untuk menjaga diri, seperti memakai masker dan menjaga jarak,” harapnya.

“Disarankan secara rutin melakukan tes Covid-19, baik PCR maupun Serology Test, sebagai upaya pencegahan perluasan virus Covid-19,” tutupnya. (rht)

Comments

comments