MPR Minta Tersangka Kebakaran Kejagung Ditindak Tegas dan Adil

Gedung Kejaksaan Agung RI di Jalan Sultan Hasanudin Dalam Nomor 1, Kelurahan Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, terbakar pada Sabtu (22/8/2020). Kebakaran berlangsung selama hampir 11 jam dan baru berhasil dipadamkan pada Minggu (23/8/2020) sekitar pukul 06.28 WIB./Foto:Acuantoday.com

Acuantoday.com, Jakarta―Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta delapan orang tersangka yang diduga sebagai penyebab kebakaran Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung), agar diadili secara tegas dan adil.

“Proses penegakkan hukum ini harus menjunjung tinggi keadilan, bahkan terhadap para tersangka juga harus diadili secara tegas dan adil,” kata Bambang melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (25/10).

Terhadap keraguan beberapa kalangan atas penetapan tersangka itu, Bambang mengatakan, harus menunggu pengadilan, karena semua fakta akan dibeberkan di sana.

Politisi Partai Golkar ini menuturkan, jika ke delapan tersangka itu terbukti secara sah dan meyakinkan di depan hukum mereka bersalah, maka mereka harus mendapat ganjaran yang setimpal sesuai peraturan perundangan. Sehingga menjadi pelajaran kepada siapapun untuk lebih berhati-hati.

“Dari sini kita belajar untuk tak boleh mengabaikan potensi terjadinya kebakaran,” katanya

Lebih lanjut ia mengatakan, kementerian dan lembaga harus mengambil pelajaran dari kebakaran yang menimpa gedung Kejagung, agar terus mengantisipasi segala kemungkinan potensi terjadinya kebakaran.

Menurut dia, uang rakyat yang seharusnya bisa digunakam untuk membangun berbagai infrastruktur jalan maupun pendidikan, malah digunakan untuk merenovasi gedung akibat kebakaran.

“Dari kebakaran gedung Kejaksaan Agung, potensi kerugiannya ditaksir mencapai Rp 1,1 triliun. Beruntung tidak ada korban jiwa,” tutupnya. (rht)

Comments

comments