Mudahnya Membuat ‘Infus Water’ yang Enak dan Sehat

Infus water yang menyehatkan--sumber foto intermountainhealthcare.org

Acuantoday.com— Kita tahu cara terbaik untuk tetap terhidrasi adalah dengan meminum segelas air. Tetapi  terkadang di saat haus,  kita sering kali  tergoda untuk minum soda dingin atau minuman olahraga. Masalahnya adalah, minuman-minuman itu mengandung gula tanpa kalori dan itu tidak dibutuhkan tubuh Anda. Jadi sebaiknya Anda tidak meminum itu. Sebagai gantinya, lebih baik meminum air infus. Apalagi di saat cuaca begitu terik.

Mengutip intermountainhealthcare.org, ‘Infused water’ adalah minuman paling tepat dicoba ketika Anda haus. Minuman ini bukan sekadar menghidrasi tapi juga menyehatkan. Anda bisa memberi buah-buahan ataupun dicampur dengan sayuran sebagai penambah rasa. Dan itu alami. Semakin banyak buah, bumbu, atau sayuran yang Anda gunakan dalam infus, semakin kuat rasanya. Anda bisa mengkombinasikan dengan macam-macam.

Ilustrasi– intermountainhealthcare.org

Berikut beberapa ide ‘infus water’ yang dapat dicoba:

Kombinasi mentimun + semangka + mint

Raspberry + Lemon

Strawberry + Kiwi + Basil

Jeruk + Wortel

Blewah + Vanilla

Nanas + Kelapa

Grapefruit + Rosemary

Tentunya masih banyak lagi yang bisa dikombinasikan, Anda bebas memilihnya. Masing-masing menawarkan rasa yang sangat berbeda dan jika dikombinasikan akan menghasilkan rasa yang luar biasa.

Cara Membuat:

Pilih bahan yang ingin Anda gunakan. Anda bisa mengiris-iris  bahan itu atau memasukkannya secara utuh. Tentunya, dengan buah-buahan seperti kelapa, nanas, melon, atau jeruk, paling baik untuk mengirisnya sebelum menambahkannya ke air Anda. Jika ingin menambah herbal, Anda bisa menambahkanya secara utuh (tidak usah diiris).

Setelah semua bahan siap, masukkan semuanya ke dalam teko atau toples ukuran satu atau dua liter air. Biarkan campuran meresap setidaknya selama 15 menit. Tapi yang terbaik adalah satu jam atau lebih.

Ingatlah bahwa beberapa buah dengan kulit seperti jeruk atau lemon bisa menjadi sedikit pahit setelah beberapa jam. Jadi—jangan juga- dibiarkan terendam terlalu lama.

Tips:

Jika Anda mengaduknya, itu dapat membantu menguatkan rasa. Tapi lakukan dengan hati-hati. Jika ingin rasanya lebih ‘wah’ mungkin bisa ditambah sedikit soda.***dian

Comments

comments