Mudik Dilarang tapi Wisata Buka, Begini Respons Wakil Wali Kota Bandung

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana (tengah)

Acuantoday.com, Bandung – Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana ikut memberikan tanggapannya terkait kebijakan pemerintah pusat yang melarang mudik Lebaran 2021 tetapi membolehkan objek wisata buka.

Pada prinsipnya, kata Yana Mulyana, Pemkot Bandung akan mengikuti aturan yang telah diputuskan itu. Pihaknya sebagai pemegang otoritas di daerah, sambung Yana, tentu menyambut positif terhadap kebijakan itu.

“Apalagi dibolehkannya wisata buka selaras dengan langkah Pemkot memberi relaksasi untuk menumbuhkan ekonomi di wilayah Kota Bandung. Tapi wajib dengan protokol kesehatan yang ketat,” ujarnya, Rabu (21/4).

Yana memastikan semua aturan untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kota Bandung bakal diawasi. Terlebih, sudah tercantum dalam peraturan wali kota baik jam operasional dan kapasitas pengunjung.

“Mengantisipasi lonjakan wisatawan lokal seiring adanya pelarang mudik Lebaran kami akan menegakkan prinsip kehati-hatian. Pengawasan terhadap objek wisata hingga tempat usaha bakal dimasifkan,” tuturnya.

Apalagi, lanjut Yana, potensi wisatawan yang datang bukan hanya dari Kota Bandung, melainkan mereka yang berasal dari wilayah Bandung Raya meliputi Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kota Cimahi.

“Saya minta semua unsur kepariwisataan di Kota Bandung disiplin menerapkan protokol kesehatan, karena kita tidak pernah tahu ada tidaknya virus Covid-19 yang mungkin dari wisatawan lokal Bandung Raya,” katanya.

Kendati begitu, Yana mengungkapkan Kota Bandung merupakan kota yang terbuka bagi wisatawan. Yana berharap, para wisatawan dapat bersama-sama menjaga prokes selama berlibur ke wilayah Kota Bandung. (dila)

Comments

comments