Muhammadiyah Puji Upaya Hukum Rizieq Shihab

Habib Rizieq Shihab. (Foto : Antara)

Acuantoday.com, Jakarta- Sekretaris Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Abdul Mu’ti mendukung langkah hukum yang diambil oleh Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab, terkait dengan tewasnya enam laskar FPI di jalan tol Jakarta-Cikampek sangat tepat dan elegan.

“Langkah hukum adalah penyelesaian yang elegan,” kata Abdul Mu’ti kepada wartawan, Rabu (9/12).

Selain tempuh jalur hukum, Habib Rizieq juga berhasil menenangkan publik agar tidak mengambil langkah-langkah yang melanggar hukum atas kejadian tersebut. Untuk itu, Abdul Mu’ti berharap masyarakat sabar dan tenang dalam berkesimpulan soal sikap kepolisian yang menembak mati enam laskar FPI.

“Meskipun demikian, masyarakat hendaknya tetap bersabar dan tenang serta tidak mengambil kesimpulan bahwa polisi bersalah sebelum ada pembuktian oleh aparatur yang berwenang,” ucapnya.

Menurut Abdul Mu’ti, Presiden Joko Widodo juga bisa mempertimbangkan permintaan masyarakat untuk membentuk tim pencari fakta independen, untuk mengungkapkan kebenaran atas masalah tersebut.

“Presiden perlu mengkaji dan merespon aspirasi berbagai pihak untuk pembentukan tim independen. Presiden perlu mendengar laporan dari pihak kepolisian, khususnya Kapolri terkait peristiwa meninggalnya anggota FPI,” jelasnya.

“Proses penyelidikan harus profesional, terbuka, dan obyektif. Jika memang ada anggota polisi yang terbukti melanggar harus ditindak tegas sesuai hukum yang berlaku,” tegasnya. (rht)

Comments

comments